BERITA

Tiga Skenario PDIP Hadapi Pilkada DKI

Tiga Skenario PDIP Hadapi Pilkada DKI



KBR, Jakarta - PDI Perjuangan memegang tiga skenario menghadapi pemilihan kepala daerah DKI Jakarta 2017.

Salah satu skenario adalah mengusung calon gubernur petahana yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.


Wakil Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Eriko Sotarduga mengatakan saat ini PDIP masih memproses masukan dari daerah. Mereka masih mengamati dinamika politik yang terjadi.


"Itu skenario ketiga (mencalonkan petahana). Petahana tentu bersama kader kita. Nah kan begitu. Ini tentunya juga seperti gayung bersambut, seperti bertepuk dua belah tangan. Tidak bisa hanya sebelah tangan. Tentunya kalau beliau ingin supaya PDI Perjuangan mendukung, kan tentunya beliau (Ahok) minta supaya didukung. Begitu kan?" kata Eriko kepada KBR melalui sambungan telepon, Kamis (11/8/2016)..


Skenario pertama adalah PDI Perjuangan mengambil satu dari enam orang calon yang telah menjalani seleksi fit and proper test pada Juli lalu. Calon terpilih akan dipasangkan dengan salah seorang kader PDI Perjuangan.


Skenario kedua adalah, PDI Perjuangan masih menimbang kemungkinan mengajukan pasangan calon dari internal partai. Alasannya, perolehan suara dan kursi PDI Perjuangan pada Pemilu 2014 lalu mencukupi untuk mengusulkan pasangan calon sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain. Di DKI, PDIP mengantongi 27,15 persen suara dan memperoleh 28 kursi di DPRD DKI.


Eriko mengatakan keputusan partai akan diumumkan pada detik-detik terakhir pengajuan calon. Pengajuan calon ke KPU DKI Jakarta akan dilakukan pada 19-21 September 2016 mendatang.


Terkait koalisi kekeluargaan yang kemarin telah diumumkan bersama PAN, PKB, PKS, Gerindra, dan Demokrat, Eriko mengatakan itu adalah mekanisme partai. Sedangkan keputusan akhir tetap ada di DPP Partai.


"Saya sampaikan bahwa mekanisme di PDIP itu menghargai proses dari tingkat bawah. Dari RW sampai DPD. DPD ini sedang terjadi (koalisi kekeluargaan). DPD PDIP komunikasi dengan partai lain yang tadi disebut koalisi kekeluargaan itu. Nah hasil komunikasi yag ada DPD ini yang disampaikan DPP jadi untuk jadi masukan. Tapi keputusan akhir ranahnya tetap di DPP," lanjut Eriko.


Editor: Agus Luqman


 

  • Pilkada DKI 2017
  • PDI Perjuangan
  • Koalisi Kekeluargaan
  • Ahok
  • Basuki Tjahaja Purnama
  • pilkada serentak 2017

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!