BERITA

Puncak Arus Mudik, Ribuan Pemudik Membludak di Pelabuhan Nunukan Kaltara

Puncak Arus Mudik, Ribuan Pemudik Membludak di Pelabuhan Nunukan Kaltara

KBR, Nunukan - Ribuan orang memadati Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara pada Selasa (20/6/2017) untuk mudik menggunakan Kapal Motor Bukit Sigunting.

Hari Selasa kemarin diperkirakan merupakan puncak arus mudik di pelabuhan tersebut. Sekitar 2.000 pemudik menggunakan layanan Kapal Motor (KM) Bukit Sigunting. Para pemudik sebagian besar adalah pekerja migran di Malaysia.


Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan (KSOP) Kabupaten Nunukan Agus Subagya mengatakan para pemudik memilih KM Bukit Siguntang karena ingin bisa menikmati puasa di kampung halaman. KM Bukit Siguntang bertolak dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan pada Selasa malam pukul 22:00 WITA, dan akan menyinggahi sejumlah pelabuhan seperti Pelabuhan Balikpapan, Pelabuhan Pare–Pare, Pelabuhan Makasar dan Pelabuhan Bau-Bau.


"Kira kira ini puncak arus mudiknya. Karena ini kapal masih sampai ke Bau bau, dan masih sempat untuk berpuasa di kampung halaman sebelum mereka merayakan Idul Fitri," kata Agus Subagya, Selasa (21/6/2017).


Kepala Kantor KSOP Nunukan Agus Subagya menambahkan, pada puncak arus mudik kali ini KSOP tidak membatasi penumpang karena jumlah pemudik sebanyak 2.000 orang masih bisa ditampung oleh KM Bukit Siguntang.


KM Bukit Siguntang mampu menampung hampir 4.000 penumpang. Namun dalam puncak arus mudik tahun ini KM Bukit Siguntang membawa penumpang sebanyak 3.500 orang.


Selain KM Bukit Siguntang, masih ada jadwal dua pelayaran mudik dari Pelabuhan Nunukan menggunakan kapal swasta dengan tujuan Pare–Pare dan menuju Kupang.


"Besok ada kapal swasta tujuan Pare-Pare, dan nanti tanggal 23 Juni dengan tujuan akhir Kupang," kata Agus Subagya.


Kepolisian Sektor Keamanan Pelabuhan memberlakukan sistem buka tutup bagi penumpang yang akan naik ke atas kapal. Sistem buka tutup tersebut untuk mencegah penumpukan penumpang di pintu masuk kapal.


Kepolisian juga menurunkan anjing pelacak dalam pengamanan mudik lebaran tahun ini.


Editor: Agus Luqman 

  • mudik lebaran
  • Mudik 2017
  • Lebaran 2017
  • Angkutan Lebaran
  • kapal pelni
  • kapal PT Pelni
  • kapal angkutan lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!