Jelang Mudik, Petugas Pelabuhan Ketapang Periksa Kelayakan Kapal

Petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Ketapang melakukan uji petik terhadap 56 kapal motor penumpang (KMP) yang beroperasi di Pelabuhan Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

Selasa, 29 Mei 2018 13:02 WIB

Penyeberangan pelabuhan Ketapang. (Foto: Antara)

Penyeberangan di Pelabuhan Ketapang. (Foto: Antara)

KBR, Banyuwangi - Petugas Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Ketapang melakukan uji petik terhadap 56 kapal motor penumpang (KMP) yang beroperasi di Pelabuhan Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk.

Kepala KUPP Kelas III Ketapang Eka Cakrawala mengatakan, langkah tersebut dilakukan untuk mengetahui kelayakan kapal jelang mudik lebaran 2018 ini. Kata dia, uji petik dilaksanakan berdasar pada surat edaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang pemeriksaan kelaikan sarana transportasi.

"Uji petik ini memang wajib kami laksanakan untuk menciptakan suatu pelayaran yang baik, terhindar dari kecelakaan tentunya," jelas Eka di Banyuwangi, Selasa (29/5/2018).

"Apalagi menyongsong Idul Ftri, tentunya arus mudik prediksi kami akan meningkat, kami siapkan kapal yang benar-benar memenuhi kreteria keselamatan pelayaran," katanya lagi.

Eka menargetkan, uji petik akan rampung dalam sepekan. Sehingga pada masa angkutan mudik lebaran, seluruh kapal yang disiagakan sudah dipastikan layak beroperasi.

Baca juga:

Sementara untuk persiapan arus mudik dan balik lebaran tahun ini, PT ASDP Ketapang Banyuwangi telah menyiagakan sarana dan prasarana penunjang. General Manager PT ASDP Ketapang Elvi Josa memaparkan, PT ASDP telah menambah pintu loket masuk untuk kendaraan roda dua dan empat. Kata dia, di Pelabuhan Gilimanuk bakal ditambah dua pintu loket. Sementara untuk Pelabuhan Ketapang masing- masing ditambah satu loket.

Selain itu, tenda di area parkir dalam pelabuhan pun disiapkan selama masa arus mudik dan balik. Begitupun dengan manifes penumpang yang terdapat di dekat loket masuk kendaraan. Sedangkan untuk armada kapal, PT ASDP telah menyiagakan 56 unit kapal. Sebanyak 32 di antaranya akan beroperasi selama arus mudik dan balik lebaran nanti. Sedangkan sisanya disiagakan di kedua pelabuhan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sepanjang libur lebaran 2018.




Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang