Pemkab Karawang Belum Tahu Lahan Relokasi untuk Petani Telukjambe

Tanah negara hanyalah milik perhutani yang lahannya mencapai 17 ribuan hektar lebih.

Minggu, 07 Mei 2017 20:46 WIB

Aksi petani Telukjambe. Foto: Eli Kamilah

KBR, Jakarta- Asisten Pemerintahan Pemerintah Kabupaten Karawang, Samsuri mengatakan lahan di Telukjambe, mayoritas berstatus hak milik perorangan dan kawasan industri. Tanah negara, kata Samsuri hanyalah milik perhutani yang lahannya mencapai 17 ribuan hektar lebih.

Pemkab, ujarnya belum mengetahui lahan mana yang akan dijadikan lokasi relokasi 220an petani Telukjambe, Karawang.

"Kalau relokasi itu kalau ada dananya, pemerintah mau menyediakan lahan, ya di Karawang luas sekali, cuman kan harus dibeli. Tanah negaranya itu adalah tanah kehutanan, itu saja. Kehutanan itu hampir 17 ribu hektar. Karena di sana kebanyakan kawasan industri. Karena memang daerah itu kebanyakan peruntukannya untuk industri," tuturnya kepada KBR, Minggu (7/5/2017).

Samsuri menambahkan saat ini Pemkab fokus pada penanganan pengungsi saja. Semisal menyediakan kebutuhan harian pengungsi dan logistik lain mereka. Konflik agraria tersebut, ujar Samsuri menjadi tanggungjawab Kementerian Agararia dan Tata Ruang (ATR).

"Karena memang kita pengungsinya saja, karena warga kita ya kita urus. Ini kan yang dituntut kewenangan kabupaten, ini kan konflik agraria. Itu kewenangan ATR," tegasnya. 


Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP

  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Jokowi: Bantuan untuk Kabupaten Asmat Terkendala Akses Transportasi

  • Pemikul Sabu 30 Kilogram Divonis 20 Tahun
  • Hari Kelima, Kabut Asap Tebal Landa Hong Kong
  • Federer Lolos ke Perempat Final Australia Terbuka

Presiden Joko Widodo menyerukan agar PR anak-anak sekolah tak hanya urusan menggarap soal. Tapi melakukan hal-hal yang terkait kegiatan sosial dan lingkungan.