Kualitas Raskin di Rembang Jelek, Pemkab Minta Desa Kembalikan

"Apabila menemui beras Rastra kualitasnya betul–betul jelek, seperti berkutu dan kuning warnanya. Tolong laporkan saja kepada Bulog, mereka akan mengganti,“

Senin, 15 Mei 2017 13:58 WIB

Pemantauan Raskin di Rembang, Jateng. (Foto: KBR/Musyafa).

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR,  Rembang– Pemerintah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mendorong desa  berani mengembalikan ke Depot Logistik (Dolog), bila menerima jatah beras keluarga miskin (Raskin) yang buruk. Pelaksana Tugas Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Dan Kesra Pemkab Rembang, Abdullah Zawawi menjelaskan dari pemantauan, masih ditemukan beras berwarna kuning. Kata dia,  beras yang dibagikan seharusnya kualitas medium.
 
Selain kualitas, Zamawi juga meminta aparat desa  rutin menimbang bobotnya, karena beberapa kali ditemukan beratnya tidak sesuai.
 
“Saya pesan kepada desa, apabila menemui beras Rastra kualitasnya betul–betul jelek, seperti berkutu dan kuning warnanya. Tolong laporkan saja kepada Bulog, mereka akan mengganti,“ ujar Pelaksana Tugas Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemkab Rembang, Abdullah Zawawi, Senin (15/05) . 

Zamawi melanjutkan, "Kami akan mengetahui secara langsung dan kami akan memantau terus. Ini sebagai bahan masukan kepada Bulog, agar dalam menyalurkan beras, betul–betul medium dan baik. Masalah berat juga menjadi sorotan tim. Temuan di lapangan terkadang perbedaannya jauh sekali."
 
Perangkat desa Sumbergirang Kecamatan Lasem, Zaenudin   menemukan beras Raskin yang buruk sejumlah karung. Saat dikembalikan ke Dolog, ternyata beras pengganti juga masih jelek. Karena warga sudah lama menunggu, beras tetap dibagikan hari ini.
 
“Setelah diganti, beras tak jauh berbeda kualitasnya. Ya kejadian semacam ini sudah sering, semoga menjadi evaluasi serius pemerintah maupun Dolog sendiri,“ jelas Zaenudin kepada KBR.
 
Sementara itu, pihak Dolog Rembang mengklaim secara umum kualitas Raskin atau sekarang berubah nama menjadi Beras Sejahtera (Rastra) sudah sesuai kategori medium. Tapi kalau ditemukan kualitas buruk, kemungkinan karena pengaruh proses perawatan selama berada di dalam gudang. Dolog memastikan siap mengganti, apabila ada laporan resmi dari desa.
 
Jumlah Raskin kabupaten Rembang  per bulan mencapai 1.408 ton untuk   69.904 keluarga.

 
Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh

KKP Gagal Capai Target Ekspor Ikan

  • HRW Usulkan 4 Isu Jadi Prioritas Dialog Jakarta Papua
  • Terduga TBC di Medan Capai Seribu Orang
  • Dalai Lama Luncurkan Aplikasi

Kemiskinan, konflik senjata, norma budaya, teknologi komunikasi modern, kesenjangan pendidikan, dan lain-lain. Kondisi-kondisi ini membuat anak rentan dieksploitasi