BERITA

Catat, Ini Jalur Alternatif Mudik Lewat Banyumas Jawa Tengah

Catat, Ini Jalur Alternatif Mudik Lewat Banyumas Jawa Tengah


KBR, Banyumas – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah menyiapkan belasan jalan kabupaten sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kemungkinan kemacetan pada arus mudik dan balik Lebaran 2017 mendatang.

Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Binamarga Banyumas, Irawadi mengatakan tahun ini pemerintah daerah menyiapkan sekitar 10 sampai 20 jalur alternatif mudik.


Jalur alternatif jalan kabupaten itu disiapkan untuk mengurangi kepadatan jalur utama jalan nasional seperti yang kerap terjadi di jalur Lumbir. Pada arus mudik tahun lalu, jalur Lumbir-Wangon sempat mengalami kemacetan hingga enam kilometer.


Jalan kabupaten itu berada di ruas-ruas rawan macet, mulai dari perbatasan Cilacap-Banyumas di Jalur Lintas Selatan, jalur penghubung jalur Pantai Utara (Pantura) menuju Jawa Tengah antara Brebes-Ajibara, serta jalur tengah antara Banyumas-Kebumen.


"Pada saat jalur Lumbir terjadi kemacetan, maka jalur antara penghubung Lumbir-Wangon kita siapkan. Jalur penghubung Gumelar juga kita siapkan. Jadi jika terjadi kemacetan di jalur nasional atau provinsi, maka jalan kabupaten itu bisa digunakan, bisa dialihkan ke situ," kata Irawadi kepada KBR, Kamis (18/5/2017).


Irawadi menjelaskan saat ini jalan-jalan yang dipersiapkan untuk jalur alternatif itu sedang diperbaiki atau dibangun kembali. Dia menargetkan sebelum arus mudik dan balik dimulai pada H-10, lebaran jalur alternatif tersebut sudah bisa digunakan.


Irawadi menyebutkan beberapa jalur alternatif mudik di Banyumas. Diantaranya:


Di Jalur Lintas Selatan, antara Cilacap-Banyumas. Jika terjadi kepadatan di jalur Lumbir, maka arus kendaraan diarahkan ke jalur alternatif di jalur Dermaji-Paningkaban, yang tembus ke Wangon dan Ajibarang. Jalur Lumbir diidentifikasi berpotensi terjadi macet lantaran jalur berkelok, menanjak dan ada sejumlah ruas jalur sempit.


Di jalur penghubung antara Pantura-Jalur Tengah Jawa, yang terdapat di Brebes-Ajibarang. Disiapkan jalur alternatif di Gumelar dan Kalisari-Cilongok.


Sementara di ujung timur, antara Banyumas-Kebumen, pemerintah daerah menyiapkan jalur alternatif penghubung antara jalur tengah menuju jalur Pantai Selatan Daendels.


Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • jalur mudik
  • arus mudik
  • Lebaran 2017
  • mudik lebaran
  • Banyumas
  • Jawa Tengah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!