BERITA

FKUB Cilacap Minta Aparat Turunkan Puluhan Spanduk Provokatif

FKUB Cilacap Minta Aparat Turunkan Puluhan Spanduk Provokatif


KBR, Cilacap – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah meminta aparat keamanan segera mencopot spanduk-spanduk yang dianggap bernada provokatif, terutama berupa dukungan pendirian negara khilafah dan penerapan syariat Islam.

Ketua FKUB Cilacap, Taufik Hidayatullah berpendapat, spanduk tersebut mengancam nilai toleransi antarumat beragama, pancasila dan NKRI. Kepada KBR Taufik menuturkan, spanduk mulai bermunculan sebelum aksi 313 di Jakarta pada pekan lalu. Itu sebab, dia menduga ada kaitannya antara aksi 313 dengan pemasangan spanduk.


"Beberapa waktu lalu, sudah ada di Kecamatan Patimuan. Kita belum melihat tindakan aparat. Ya, bahwa isu-isu seperti itu kan meresahkan kelompok lintas agama," jelas Taufik Hidayatulloh, Sabtu (1/4/2017).


Puluhan spanduk itu dipasang merata di tiap kecamatan dengan jumlah antara dua hingga tiga spanduk atau banner. Sebuah spanduk, bahkan dipasang di dinding pembatas sekolah di SMPN 2 Majenang, Kabupaten Cilacap.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/03-2017/kantongi_nama_di_balik_spanduk_sara__polda_metro_cari_unsur_pidana/89337.html">Kantongi Nama di Balik Spanduk SARA, Polda Metro Cari Unsur Pidana</a></b> </li>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/02-2017/pcnu_cilacap__hti_dan_aliran_wahabi_lebih_berbahaya_bagi_nkri_daripada_neo_komunisme/88599.html">HTI dan Aliran Wahabi Lebih Berbahaya bagi NKRI daripada Neokomunisme</a></b> </li></ul>
    

    Taufik mengungkap, pemasangan spanduk dukungan terhadap khilafah tersebut sempat memancing anggota Barisan Serbaguna Ansor (Banser) NU Cilacap menurunkan spanduk. Namun lantas aksi itu dihentikan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU). Karena tindakan tersebut, mmenurut PCNU merupakan kewenangan aparat.

    PCNU pun menyarankan agar aparat keamanan setempat yang mencabut spanduk-spanduk itu, namun hingga Sabtu (1/4/2017) kemarin, spanduk masih terpasang.

     

    Lebih lanjut Taufik Nurhidayat mengatakan munculnya spanduk dukungan khilafah itu menimbulkan keresahan di kalangan minoritas. Itu sebab, dia membawa perkara ini ke Forum Lintas Agama dan meminta aparat, kepolisian serta Satpol PP bertindak.


    "Karena kemudian mereka berpikir, jika kelompok keagamaan formalis ini menguasai Indonesia, mereka (minoritas) menjadi pihak yang terugikan."


    Taufik mencontohkan, salah satu spanduk bertulis: "Masirah Panji Rasulullah, Khilafah Kewajiban Syari menuju Kebangkitan Umat". Spanduk lainnya, menurut Taufik juga bernada sama, provokasi kepada umat Islam untuk mendirikan negara khilafah.

    Baca juga:

      <li><b><a href="http://kbr.id/berita/10-2016/resolusi_jihad_nu_masa_kini__menjaga_nkri_dan_lindungi_minoritas/86115.html">Resolusi Jihad NU: Menjaga NKRI, Melindungi Minoritas</a></b> </li>
      
      <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2016/banser_rembang_demo_tolak_terorisme_dan_khilafah/83049.html">Banser Rembang Demo Tolak Terorisme dan Khilafah</a></b> </li></ul>
      

      "Berulangkali dalam rapat kita, memang disampaikan bahwa mereka (kelompok minoritas) resah terhadap spanduk-spanduk yang bernada provokatif, terutama khilafah," kata Taufik.

      Dia pun menambahkan, sebelum perayaan natal tahun lalu, spanduk bernada SARA juga sempat muncul di Cilacap. Isinya, penolakan terhadap atribut natal bagi kelompok muslim. Spanduk tersebut menurutnya juga meresahkan dan, berpotensi memancing aksi intoleransi.




      Editor: Nurika Manan

  • Spanduk Provokatif
  • FKUB Cilacap
  • cilacap
  • intoleransi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!