Pendaki yang Hilang di Gunung Lokon Ditemukan Tewas

Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Jeffry Mewoh mengungkapkan, tim gabungan menemukan David pada Minggu (26/3/2017) siang dan, berhasil dievakuasi sorenya.

Minggu, 26 Mar 2017 20:58 WIB

Tim gabungan Basarnas mengevakuasi pendaki yang hilang di Gunung Lokon. (Foto: KBR/ Zulkifli)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR, Manado - David Lambanaung (17), pendaki yang hilang di Gunung Lokon, Kota Tomohon, Sulawesi Utara ditemukan tewas lantaran gas beracun. Warga Kelurahan Banjer itu sebelumnya dinyatakan hilang sejak Sabtu (25/3/2017) sore lalu.

Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado, Jeffry Mewoh mengungkapkan, tim gabungan menemukan David pada Minggu (26/3/2017) siang dan, berhasil dievakuasi sorenya.

"Tadi setelah dilaksanakan pencarian dan walaupun kesulitan, korban telah terlihat siang tadi di lubang kawah dan proses evakuasi pun nanti pada jam 17.00 WITA atau jam 5 sore," jelas Jeffry di Manado, Minggu (26/3/2017).

"Baru bisa di angkat oleh tim yang dengan memakai tabung oksigen dan langsung di bawah ke rumah sakit kandow Malalayang Manado," imbuhnya.

Baca juga:

Jeffry pun menambahkan, pencarian tersebut melibatkan petugas gabungan. Di antaranya anggota Basarnas Manado, personil TNI dan polisi.

Sebelumnya, lima rekan sesama pendaki telah terlebih dulu mencari korban, namun tak kunjung membuahkan hasil. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Kantor SAR Manado.

Kronologi kejadian berdasarkan kesaksian rekan korban menyebut, saat itu David nekat masuk ke lubang kawah seorang diri. Kendati telah dilarang oleh rekan sesama pendaki. Sebab pasalnya, kawah vulkanik itu berbahaya lantaran sewaktu-waktu mengeluarkan gas beracun. 



Editor: Nurika Manan

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

Anggaran Kunker DPRD DKI Rentan Penyelewengan

  • Merasa Difitnah Nazaruddin, Anas Urbaningrum: Dia Dilatih Untuk Berbohong
  • PDIP Akan Pecat Emil Dardak Setelah Resmi Daftar Cawagub Jatim
  • Meski Ada Ancaman Letusan Gunung Agung, Bali Dinyatakan Aman untuk Wisatawan

Guna mengembangkan dan mengapresiasi Organisasi Kepemudaan, Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan "Pemilihan Organisasi Kepemudaan Berprestasi 2017"