Pemkot Balikpapan Kesulitan Tuntaskan Pembangunan Stadion Senilai 1,3 T

"Dibutuhkan untuk jalan Rp 30 miliar, sebelumnya dapat Rp 2 miliar dari Pemerintah Provinsi. Nanti kita lihat situasi, ya memang kondisi sekarang agak repot,”

Selasa, 14 Mar 2017 10:03 WIB

Pembangunan stadion Balikpapan Kaltim. (Foto: Pemprov)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR, Balikpapan– Pemerintah Kota Balikpapan kesulitan mencari dana talangan untuk menyelesaikan pembangunan stadion megah yang menelan anggaran mencapai Rp 1,3 triliun. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan Tara Alorante mengungkapkan, masih kebingunan harus mencari dana tambahan   Rp 30 miliar. Dana tersebut untuk pembangunan sejumlah fasilitas penunjang   di antaranya jalan masuk  maupun tempat parkir.

Kata Tara, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur hanya membantu Rp 2 miliar. Sementara mustahil dialokasikan dalam APBD Balikpapan Perubahan tahun ini karena harus melunasi utang proyek. Pemkot masih memiliki utang ratusan miliar kepada kontraktor yakni proyek 2016 yang terpaksa tertunda pembayarannya karena mengalami defisit mencapai Rp 800 miliar.

Karenanya, Tara belum bisa memastikan kapan pembangunan stadion yang digadang-gadang salah satu terbaik di Asia Tenggara itu akan rampung. Meskipun sebelumnya proyek tahun jamak itu ditargetkan paling lambat Juni 2017 rampung.

“Hanya saja ada fasilitas yang harus dilengkapi, seperti jalan masuk stadion belum tembus. Tempat parkirnya belum. Fasilitas lainnya yang kita usahakan carikan dana tambahan yang dibutuhkan untuk jalan Rp 30 miliar, sebelumnya dapat Rp 2 miliar dari Pemerintah Provinsi. Nanti kita lihat situasi, ya memang kondisi sekarang agak repot,” kata Tara Alorante, Selasa (14/03).

Molornya pembangunan stadion  berkapsitas 45 ribu penonton itu, berdampak pada laga kandang tim  Persiba Balikpapan dalam kompetisi Liga 1 yang akan bergulir pada April mendatang.

Persiba  sebelumnya menargetkan Juni sudah bisa memainkan laga kandang di stadion tersebut. Namun kemungkinan diundur lagi. Persiba pun terpaksa meminjam stadion Kanjuruhan Malang untuk memainkan laga kandang.

Pembangunan stadion tersebut, sudah mengalami molor beberapa kali. Dari sebelumnya ditargtekan rampung pada Agustus 2016, kemudian molor Desember 2016, kemudian molor lagi Januari 2017, lalu molor lagi Juni 2017. Saat ini pun belum ada kejelasan kapan stadion akan bisa digunakan.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi

  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum
  • SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan
  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah

Suap Dirjen Hubla, KPK Periksa Menhub

  • Dinas Kesehatan Nunukan Gratiskan Perawatan dan Beri Intensif 100 Ribu Perhari Bagi Orang Tua Balita Gizi Buruk.
  • Korut: Tak Ada Diplomasi Sebelum Rudal Kami Hantam AS
  • Napoli dan Benevento Ukir Rekor Baru di Liga Italia