BNN Cilacap Ungkap Narkoba Jenis Baru

Narkoba ini setara tembakau gorila dan sabu-sabu.

Rabu, 29 Mar 2017 21:07 WIB

Gelar barang bukti terduga pelaku dan pengedar narkoba jenis baru, tembakau canesa, Rabu (29/3/2017) (Foto: KBR/BNNK Cilacap)


KBR, Cilacap- Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Cilacap, Jawa Tengah menangkap tiga orang yang diduga pengguna dan pengedar narkoba jenis baru, yaitu tembakau canesa. BNNK menyebut tembakau itu efeknya hampir serupa dengan tembakau gorilla.

Kepala BNNK Cilacap, Edy Santosa mengatakan ketiganya ditangkap di 2 lokasi yang berbeda.

"Kita sudah menangkap tiga orang tersangka yang diduga sebagai pengguna dan pengedar tembakau gorilla itu. TKP-nya pertama kali di Teluk Penyu. Dari TKP yang di Teluk Penyu itu. Kemudian dari dua tersangka yang ditangkap di Teluk Penyu kita kembangkan hingga ke Purwokerto. Kita dapat yang Purwokerto, sehingga seluruh tersangka ada tiga orang," jelas Edy Santosa, Rabu (29/3/2017).

Edy menambahkan lantaran tergolong kasus baru, BNNK melimpahkannya BNN Provinsi.

Edy merinci, 2 orang ditangkap di kawasan Teluk Penyu Cilacap pada Jumat (24/3/2017). Dalam penggeledahan, petugas BNN menyita dua buah kaleng tembakau canesa dengan berat 2 gram dan dua buah linting canesa, uang tunai Rp 350 ribu dan tiga kartu ATM.

Dari hasil penyelidikan petugas, ujar Edy, keduanya mengaku mendapat tembakau dari orang lain. Aparat pun mengejarnya dan berhasil menangkap terduga pemakai dan pengedar di Perumahan Arca Winangun Purwokerto. Petugas BNN kembali menyita 28 paket kecil tembakau canesa seberat 30 gram, satu unit telepon seluler, tiga kartu ATM, satu botol kecil berisi sisa cairan sintetis yang mengandung narkoba, dan 74 gram tembakau campuran.

Edy menjelaskan, narkoba tembakau canesa mirip dengan tembakau gorila, penggunaanya berasal dari cairan atau liquid berwarna kuning cerah. Cairan tersebut disemprotkan dan diracik pada tembakau. Narkoba ini dijual dengan harga Rp 100 ribu per paket. Edy menambahkan setelah dicek di Laboratorium BNN Pusat, selain mirip dengan tembakau gorila, efek canesa juga mirip dengan sabu-sabu yang merupakan narkotika jenis I. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

PPATK Telusuri Rekening First Travel

  • Buruh PT Nyonya Meneer Ajukan Tagihan Rp98 Miliar
  • Pesawat Pengangkut Haji Arab Saudi Belum Boleh Mendarat di Qatar

Impor barang dari luar negeri selalu diawasi dan memiliki ketentuan, jangan sampai Anda menjadi orang yang tidak tahu ketentuan yang dimiliki Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno Hatta