Alat Rekam e-KTP di Rejang Lebong Rusak Tersambar Petir

Selain di Kecamatan Kota Padang, kerusakan alat perekaman e-KTP juga terjadi di Kecamatan Curup, Bermani Ulu Raya (BUR), Sindang Beliti Ulu, Padang Ulak Tanding dan Sindang dataran.

Sabtu, 25 Mar 2017 11:00 WIB

Proses pengambilan foto untuk pembuatan KTP elektronik di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. (Foto: Muh Antoni/KBR)


KBR, Rejang Lebong - Sejumlah peralatan untuk perekaman data KTP elektronik (e-KTP) di sejumlah kecamatan di Kabupaten Rejang lebong, Bengkulu mengalami kerusakan.

Warga terpaksa melakukan perekaman data e-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Kota Rejang Lebong.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Rejang Lebong, Bakhrim mengatakan ada sejumlah kecamatan yang mengalami kerusakan alat perekaman data e-KTP. Satu satunya di Kecamatan Kota Padang yang berjarak sekitar 45 kilometer dari Kantor Disdukcapil Rejang Lebong.

"Memang alat perekaman e-KTP di Kecamatan Kota Padang rusak, informasinya karena tersambar petir. Sampai saat ini memang belum diperbaiki, karena untuk memperbaikinya harus dari pusat," kata Bakhrim di Rejang Lebong kepada KBR (24/3/2017).  

Selain di Kecamatan Kota Padang, kerusakan alat perekaman e-KTP juga terjadi di Kecamatan Curup, Bermani Ulu Raya (BUR), Sindang Beliti Ulu, Padang Ulak Tanding dan Sindang dataran.

"Yang rusak di kecamatan lainnya, mereka sebagian besar karena servernya yang rusak. Untuk yang di Padang Ulak Tanding (PUT) belum tahu persis penyebabnya dan masih akan dicek terlebih dahulu," tambah Bakhrim.

Untuk mengatasi terganggunya kegiatan perekaman data e-KTP, Dinas Dukcapil Kabupaten Rejang Lebong akan melakukan perekaman data menggunakan kendaraan operasional keliling ke kecamatan-kecamatan yang terganggu.

"Kita akan siapkan jadwal untuk program perekaman keliling ke kecamatan-kecamatan yang alat perekamanya mengalami kerusakan," kata Bakhrim.

Hingga saat ini kekosongan blanko e-KTP juga masih terjadi di Kabupaten Rejang Lebong. Dinas Dukcapil belum bisa memastikan kapan blanko e-KTP akan tersedia kembali.

Hingga saat ini warga Rejang Lebong yang sudah melakukan perekaman namun hanya menggunakan KTP sementara sudah mencapai lebih dari enam ribu orang.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Moratorium Reklamasi, Menteri Siti : Pulau C dan D Kurang Satu Syarat, Pulau G Dua Syarat

  • Adik Bos First Travel Ikut Jadi Tersangka
  • Penembakan Deiyai, Tujuh Anggota Brimob dan Kapolsek Akan Jalani Sidang Etik Pekan Depan
  • Tuntut Pembatalan Perppu Ormas, Ratusan Orang Demo DPRD Sumut

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR