Tiang Pancang Tol Becakayu Ambruk, Menteri Basuki Hentikan Seluruh Proyek Infrastruktur

"Dari LRT, tol, jembatan yang membutuhkan pekerjaan berat di atas semua kami hentikan. "

Selasa, 20 Feb 2018 12:06 WIB

Warga mengamati tim Labfor Bareskrim Pori melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) pasca robohnya tiang pancang pada proyek kontruksi pembangunan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) di Jalan D I Panjaitan, Jakarta, Selasa (20/2). (Foto: Antar

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Yogyakarta- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)  Basuki Hadimuljono memerintahkan penghentian sementara seluruh proyek infrastruktur jalan di Indonesia. Perintah diberikan pasca  ambruknya tiang pancang tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Jakarta.

"Sekarang saya perintahkan semua berhenti. Dari LRT, tol, jembatan yang membutuhkan pekerjaan berat di atas semua kami hentikan. Tunggu audit oleh Komite Keselamatan Konstruksi," kata Basuki di Yogyakarta, Selasa (20/02/2018).

Menteri Basuki mengatakan penghentian pekerjaan tol dan jembatan dilakukan hingga audit Komite Keselamatan Konstruksi selesai. Basuki memastikan penghentian pekerjaan tidak akan berdampak pada molornya proyek infrastruktur termasuk Proyek Strategis Nasional.

Basuki juga merekomendasikan pembongkaran proyek yang terbukti salah desain.

"Nanti kalau sudah selesai baru boleh lanjut. Proyek di seluruh Indonesia. Saya rekomendasi ke menteri perhubungan kalau ada kesalahan desain ya semua harus dibongkar. Yang tidak runtuhpun harus dibongkar," tegasnya.

Basuki seusai menerima penghargaan Herman Johannes Award di Balai Senat UGM menuturkan dalam dua tahun terakhir terjadi 14 kali kejadian dalam proyek konstruksi. Sejumlah proyek infrastruktur tengah berjalan seperti Trans Jawa, Trans Sumatra, LRT Palembang dan LRT Becakayu.

"Makanya kita hentikan dulu, ana apa iki," lanjutnya.

Selasa siang, Basuki mengundang Menteri Perhubungan dan Menteri BUMN untuk berkoordinasi. Basuki menjelaskan tiang pancang tol Becakayu ambruk pada saat proses pengecoran. Tiang yang roboh pada sekitar pukul 03:00 Selasa dini hari itu melukai 7 pekerja.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar
Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Puluhan organisasi Masyarakat sipil melalui gerakan #BersihkanIndonesia menantang kedua capres dan cawapres yang berlaga dalam Pemilu Presiden 2019 mewujudkan komitmen “Indonesia Berdaulat Energi".