BERITA

Pilkada Serentak, Polres Cilacap: 58 TPS Rawan

Pilkada Serentak, Polres Cilacap: 58 TPS Rawan


KBR, Cilacap– Kepolisian   Cilacap, Jawa Tengah mengidentifikasi terdapat 58 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang rawan dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak.  Kapolres Cilacap, Yudho Hermanto menjelaskan,  berkategori rawan lantaran berbagai sebab. Antara lain, meliputi TPS rawan longsor, banjir, terkait jarak tempuh dan medan yang sulit. 

Polres Cilacap, kata Yudho,  akan melakukan penjagaan berbeda dengan TPS lainnya yakni satu personil Polri ditambah 6 personil Linmas akan mengamankan 1 TPS rawan. Sementara, untuk TPS aman,   hanya menyiagakan 1 personil Polri dan 10 orang anggota Linmas untuk mengamankan 5 TPS.

 

Terkait terkait gangguan keamanan, Yudho menyatakan tidak ada TPS yang rawan gangguan atau konflik. 

“Rawan di sini karena kondisi geografi. Lokasinya jauh, medannya naik turun bukit. Faktor cuaca, jadi kalau cuaca jelek kita rawan banjir rawan longsor. Rawannya itu. Pada hari pencoblosan kita menyiapkan 850 personil untuk mengamankan TPS. Sedangkan saat hari tenang, kita pengamanan di sini saja, KPU, Panwas, seperti itu. Kurang lebih ada 50 personil kita sebar. Tanggal 13 kita ada gelar pasukan di alun-alun, untuk pengamanan TPS,” jelas Kapolres Cilacap, Yudho Hermanto saat dihubungi KBR, Kamis siang (9/2/2017).

 

Lebih lanjut Yudho Hermanto mengemukakan, uga melakukan penjagaan lebih ketat di TPS yang berada di penjara Nusakambangan di Cilacap. Personil polisi dan petugas penjara akan   menjaga  ekstra   enam TPS yang ada di penjara  Nusakambangan dan Cilacap.

 

Yudho mengungkap, pada pemilu sebelumnya terdapat 65 TPS rawan. Namun, saat ini hasil koordinasi dengan KPU, Panwas dan pemerintah kecamatan dan pemerintah desa jumlahnya menurun hanya menjadi 58 TPS saja yang berkategori rawan.


Kapolres menambahkan, untuk melakukan penjagaan saat hari H pencoblosan kepolisian mengerahkan 1050 personil terdiri dari 850 personil Polres  ditambah TNI dan Brimob Polda Jawa Tengah.

 

Sementara, untuk minggu tenang antara 12-14 Februari, kepolisian hanya menjaga  objek vital, seperti kantor KPUD, Panwas dengan jumlah personil sebanyak 50 orang.


KPUD Cilacap mempersiapkan 2.217 TPS dalam Pilkada Cilacap 2017 ini. Jumlah ini berkurang dibanding jumlah TPS pada Pemilu sebelumnya yang mencapai 2.232 TPS.


Editor: Rony Sitanggang

red

red

  • Kapolres Cilacap
  • Yudho Hermanto
  • #Pilkada2017
  • #pilkada101

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!