Banjir dan Longsor Terjang Sejumlah Kabupaten Kota di Sulut

“Diperkirakan kurang lebih ada 1000 rumah yang tergenang air yang disertai dengan lumpur. Dan itu tersebar di Remboken, Sonder Selatan dan Tondano Kabupaten Minahasa,”

Senin, 20 Feb 2017 21:28 WIB

Banjir bandang di Kecamatan sonder Kabupaten Minahasa. (Foto: KBR/Zulkifli)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}


KBR, Manado- Hujan lebat yang turun Minggu kemarin (19/2) menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor di sejumlah Wilayah di Sulawesi Utara. Kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara, Noldy Liow menjelaskan, bencana itu terjadi akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Diperkirakan kurang lebih ada 1000 rumah yang tergenang air yang disertai dengan lumpur. Dan itu tersebar di Remboken, Sonder Selatan dan Tondano Kabupaten Minahasa,” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Sulawesi Utara, Noldy Liow Senin ( 20/2 ).

Kata Liow, akibat banjir bandang  tersebut menerjang 3 Lokasi di Kabupaten Minahasa yaitu di Kecamatan Romboken ada 140 rumah, Kecamatan Tombulu ada ratusan rumah, dan di Kecamatan Tondano Selatan ada ratusan rumah.

Sedangkan  longsor  terjadi di Desa Leilem Kecamatan Sonder sehingga membuat jalan tersebut sempat terputus.

“Ada pengungsian di Desa Leleko Kabupaten Minahasa sebanyak 197 KK, tetapi hanya mengungsi di rumah keluarga mereka,” ujar Noldy Liow.

Kata Noldy, Banjir juga terjadi di Kota Manado yaitu Kelurahan Bailang Kecamatan Bunaken dan Kelurahan Mahawu Kecamatan Tuminting. Sedangkan di Kota Tomohon banjir terjadi di Perum Atas Kelurahan Uliandano, Kecamatan Tomohon Selatan, dan di Kelurahan Wailan hingga Kelurahan Matani tiga serta di Kelurahan Tumatangtan.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Ini Hasil Rapat Bamus DPR soal Perppu Ormas

  • Tim Arkeolog Sumba Berupaya Cetak Kerangka Situs 2800 Tahun
  • LN: Amerika Terapkan Sanksi Baru bagi Pendukung Korea Utara
  • OR: Di Tengah Ketakpastian Draxler Didekati Sejumlah Klub

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.