Longsor Timbun Jalur Utama Antar Kecamatan di Trenggalek

Longsor menutup badan jalan sepanjang 200 meter.

Minggu, 21 Jan 2018 18:13 WIB

Foto: Adhar Muttaqin

KBR, Trenggalek - Tanah longsor sepanjang 200 meter menutup jalur utama antar kecamatan di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Trenggalek, Jawa Timur. Akibatnya arus lalu lintas dari kedua arah terputus total.  

Kapolsek Kampak, Anwar, mengatakan, longsor tersebut terjadi pada Minggu pagi di jalur utama Kampak-Munjungan di Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak. Tebing setinggi 100 meter ambrol, sehingga menutup badan jalan sepanjang 200 meter.

Menurutnya, tanda-tanda tanah longsor tersebut sudah muncul sejak satu setengah bulan lalu, sejumlah titik di lokasi kejadian mengalami retak-retak. Selain itu tembok penahan jalan juga banyak yang ambrol.

"Hujan yang terus menerus dan lebat, akhirnya sekitar jam 2 pagi ada longsoran itu. Sebetulnya tanda-tanda itu sudah ada sejak satu setengah bulan lalu, kemarin hari Jumat itu juga kami cek bersama Babinsa dan juga Perhutani," katanya.

Anwar menambahkan, proses pembersihan material longsor tersebut diperkirakan membutuhkan waktu lebih dari satu minggu, karena timbunan tanah mencapai ketinggian lebih dari lima meter.

Akibat tanah longsor tersebut ribuan warga Kecamatan Munjungan nyaris terisolasi, karena jalur alternatif yang tersedia lebih jauh dan kondisinya rusak parah. 

Editor: Sasmito

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas
  • MKD DPR: Kalau Ada yang Bilang 'DPR Rampok Semua', Bisa Kami Laporkan ke Polisi
  • Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri di Daerah yang Gagal Petakan Konflik Sosial

DPR dan Pemerintah Belum Sepakati Definisi Teroris, Pembahasan RUU Terorisme Diperpanjang

  • Polda Kaltim Tetapkan Nakhoda Kapal Berbendera Panama Jadi Tersangka
  • Suciwati: Pak Jokowi, Mana Dokumen TPF Munir?
  • Abaikan Pergub, Dua Pelanggar di Lhokseumawe Dicambuk di Ruang Terbuka

Anda berencana ke luar negeri? Ingin beli oleh-oleh, tapi takut kena pajak? Pada 1 Januari 2018, pemerintah menerbitkan regulasi baru untuk impor barang bawaan penumpang dan awak sarana pengangkut.