Dalam 5 Tahun, 55 Gajah Mati di Aceh

"Karena diracun, jerat, ditembak,"

Selasa, 23 Jan 2018 11:48 WIB

Ilustrasi: Gajah mati di Aceh di Gayo Luwes. (Foto: KBR/ERwin J.)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Lhokseumawe– Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh  mengatakan, kasus perburuan gajah liar marak terjadi di kawasan hutan. Tercatat,   5 tahun terakhir  sebanyak  53 ekor gajah liar dan 2 ekor gajah jinak   ditemukan mati.

Menurut  Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo, paling tinggi kasus perburuan terhadap satwa liar itu terjadi pada  2015 dan 2017 berjumlah 12 kasus. Hampir sebagian besar Si belalai panjang itu menjadi bangkai dengan kondisi mengenaskan dengan kondisi  gading hilang.

”Dari 2012 sampai 2017 itu yang mati ada 53 gajah liar dan 2 gajah jinak. Itu mati karena Macam-macam karena diracun, jerat, ditembak, ada yang terjatuh ke jurang selayaknya di Tangse, Kabupaten Pidie dulu. Sebagian besar akibat ulah manusia,” kata Sapto Aji menjawab KBR, Selasa (23/1).

Ia menambahkan  bekerjasama dengan Polisi Daerah (Polda) Aceh untuk mengungkap kasus perbuuan gajah liar tersebut. Kata Sapto, kasus perburuan ini sering terjadi di kawasan hutan, seperti Kabupaten Aceh Timur, Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Besar, dan Bireun.

”Dengan wilayah kerja BKSDA yang begitu luas, Kita butuh dukungan dari semua pihak. Sedangkan, penindakannya langsung ditangani oleh kepolisian,” tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Permintaan atas produk laut Indonesia untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor sangat besar tapi sayangnya belum dapat dipenuhi seluruhnya. Platform GROWPAL diharapkan dapat memberi jalan keluar.