Terbang ke Turki, Jokowi Minta OKI Bela Palestina

"Meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina."

Selasa, 12 Des 2017 13:48 WIB

Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) bertolak ke Turki menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (12/12). (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo bertolak ke Istanbul, Turki untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) besok Rabu (13/12). KTT-LB OKI digelar untuk menyikapi kebijakan Amerika Serikat yang mengakui secara sepihak Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Dalam forum tersebut, Jokowi bakal mengajak negara-negara OKI untuk bersatu menentang keputusan Presiden Donald Trump. Selain itu, ia juga akan memaparkan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membela Palestina.

"Pada kesempatan tersebut saya akan menyampaikan penolakan kita, rakyat Indonesia atas pengakuan sepihak AS. Dan meminta negara-negara OKI untuk membulatkan suara dan persatuan guna membela Palestina. Dan menyampaikan beberapa langkah-langkah yang dapat kita lakukan baik secara bersama maupun individu untuk membela Palestina," kata Jokowi di Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (12/12/2017).

Jokowi berharap kunjungannya ke Turki akan memberi manfaat nyata bagi perdamaian dunia, khususnya penyelesaian sengketa antara Israel dan Palestina. Ia dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada KamisĀ  lusa (14/12).

Baca: Yerusalem Ibu Kota Israel, Jokowi Kecam Keras Trump

Sementara, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga telah berada di Amman, Yordania sejak 10 Desember lalu dalam rangka persiapan KTT Luar Biasa OKI.

Berdasarkan informasi dari akun Twitter Kementerian Luar Negeri @Portal_Kemlu_RI, Retno melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi. Dua Menlu ini sepakat terus berkoordinasi dalam memperjuangkan hak dan kemerdekaan Palestina.

"Menlu Safadi menyampaikan apresiasi terhadap langkah tegas diplomasi Indonesia dan langkah konkret diplomasi Indonesia di dalam membantu perjuangan rakyat Palestina."

Pada Senin (11/12) kemarin, Retno melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina Riyad Al Maliki. Menlu Retno menegaskan kepada Menlu Palestina tentang komitmen rakyat dan Pemerintah Indonesia dalam mendukung Palestina.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

Pemerintah sebagai pengemban amanah konstitusi harus yakin dan percaya diri dalam mengendalikan konsumsi rokok. Konstitusi mengamanahkan agar konsumsi rokok diturunkan demi kesehatan masyarakat.