Mangga Alpukat dan Mangga Pisang? Inilah Asalnya

“Mengupasnya tak perlu pakai pisau, cukup dikupas layaknya makan pisang. Itu menarik, ada sensasinya."

Sabtu, 09 Des 2017 11:00 WIB

Mangga alpukat. (Sumber: Kementan)

KBR, Jakarta- Suka mangga, alpukat dan pisang? Gimana kalo ketiganya dikombinasikan! Emang bisa? Nah, Sudah ada namanya  Avocado Mango dan Banana Mango. Apakah ini hasil persilangan?

Menurut Kepala Puslitbang Hortikultura Balitbangtan, Hardiyanto, mangga pisang memang persilangan, tapi bukan disilangkan dengan pisang. Persilangan  dilakukan antara mangga harum manis dengan mangga saigon. Hasil persilangan itu disebut Mangga Agrina 45.

“Mengupasnya tak perlu pakai pisau, cukup dikupas layaknya makan pisang. Itu menarik, ada   sensasinya. Buah Mangga Agrina 45, kandungan gizi dan dan vitaminnya sama,” ujarnya kepada Duo Host KBR Pagi Hilbram Dunar dan Adit Insomnia di segmen “Kepo”, Rabu (29/11/2017)

Begitupun dengan mangga alpukat, bukan hasil persilangan antara mangga dan alpukat, tapi dari hasil proses seleksi. Mangga Alpukat ini disebut disebut Mangga Gadung 21.

“Karena cara membukanya seperti alpukat, masyarakat pun mempopulerkan atau menyebutnya mangga alpukat," jelasnya.

Hardiyanto menambahkan, mangga gadung 21 memiliki keunggulan ukuran buah besar, daging buah tebal, kuantitas serat pada daging buah rendah. Mangga ini sudah dilepas dipasaran sejak 2016 lalu. Tujuannya untuk mempopulerkan kembali kepada masyarakat, kalau buah-buahan kita tak kalah dengan buah impor.

Selain mangga, Kementan juga memvariasikan buah alpukat, pepaya, lemon tanpa biji dan  anggur tanpa biji. Tahun depan, kata Hardiyanto, rencananya akan dilepas hasil variasi atau persilangan buah anggur serta jeruk.


Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas
  • Kasus Novel Jadi Ganjalan Jokowi pada Pemilu 2019
  • Jokowi Perintahkan Polisi Kejar MCA sampai Tuntas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Permintaan atas produk laut Indonesia untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor sangat besar tapi sayangnya belum dapat dipenuhi seluruhnya. Platform GROWPAL diharapkan dapat memberi jalan keluar.