Petugas polisi Jombang Jawa Timur menyisir bagasi penumpang angkutan umum yang akan menuju Jakarta, guna mengantisipasi barang-barang berbahaya menjelang aksi 2 Desember di Jakarta. (Foto: Muji Lestari/KBR)


KBR, Jombang – Kepolisian Resort Jombang, Jawa Timur, melakukan sweeping atau razia sejumlah angkutan umum yang melintas di jalur nasional kota Jombang.

Pemeriksaan mendadak diantaranya dilakukan di stasiun kereta api dan bus umum di dua titik perbatasan Kabupaten Jombang untuk mengantisipasi kejadian negatif dan memberi rasa aman kepada masyarakat menjelang Aksi 212, di Jakarta, Jumat (2/12) besok.

Sweeping dengan pendekatan persuasif itu dilakukan dengan memeriksa mulai dari seluruh badan kendaraan, barang bawaan hingga identitas para penumpang. Polisi menyisir kemungkinan adanya barang terlarang seperti senjata tajam, senjata api atau bahan peledak.

Baca juga:


Kapores Jombang, Agung Marlianto mengatakan, dalam razia itu, polisi mendapati 36 orang asal Jombang hendak bergabung dalam aksi 2 Desember. Mereka memanfaatkan jasa angkutan kereta api untuk menuju Jakarta.

Meski begitu, petugas kepolisian tidak mendapati satupun penumpang yang dinilai mencurigkan maupun barang bawaan milik calon pendemo yang dianggap berbahaya.

"Sampai saat ini yang untuk naik kendaraan bus belum kami dapatkan (calon peserta demo). Tapi untuk yang naik kereta api ada 23 orang dari warga Jombang, ditambah 13 warga lagi yang naik melalui stasiun Kereta Api Mojokerto. Sampai sejauh ini belum ada yang mencurigakan atau yang diindikasikan barang terlarang. Belum ada," kata Agung Marlianto, Kamis (1/12/2016).

Menjelang aksi 2 Desember di Jakarta, Kapolres Jombang Agung Marlianto mengimbau masyarakat agar tetap melaksanakan ibadah salat Jumat di daerah masing-masing.

Namun, bagi masyarakat yang memaksakan diri berangkat mengikuti aksi 212, polisi akan mengawal mereka baik pada saat berangkat hingga perbatasan kota maupun saat pulang hingga sampai di rumah mereka masing-masing.

Baca: Tidak Puas Ahok Tersangka, Ormas Pembela MUI Kembali Aksi 2 Desember

Penyisiran oleh kepolisian juga dilakukan aparat kepolisian terhadap barang-barang bawaan penumpang di Stasiun Kotabaru, Malang, Jawa Timur, Rabu (29/11).  Pemeriksaan juga terjadi pada kendaraan yang akan masuk Jakarta di tol Brebes Timur, Jawa Tengah.

Editor: Agus Luqman 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!