BERITA

Diperiksa KPK, Ganjar Sebut Tak Ada Masalah di Proyek e-KTP

""Nggak sih, kalau selama proses itu berjalan, biasa saja.""

Diperiksa KPK, Ganjar Sebut Tak Ada Masalah di Proyek e-KTP
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba untuk menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Rabu (7/12). Ganjar diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi KTP elektronik atau e-KTP. (Foto: An


KBR, Jakarta- KPK usai memeriksa Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai saksi dalam kasus korupsi KTP elektronik (e-KTP). Bekas Wakil Ketua Komisi Dalam Negeri DPR itu diperiksa penyidik selama 6,5 jam.

Ganjar menuturkan, penyidik menanyakan soal pembagian uang di komisi DPR yang pernah dipimpinnya itu.


"Ada pertanyaan apakah di Komisi II (Komisi Dalam Negeri DPR-red) ada pembagian uang? Apakah Pak Ganjar menerima atau nggak? Oh tidak ada, kebetulan tadi ada salah satu yang langsung dikonfrontasi kepada saya, dan saya jawab apa adanya, ya saya senang," ujar Ganjar Pranowo di Gedung KPK Jakarta, Rabu (07/12/2016).


Kader partai PDI-P melanjutkan, pertanyaan lebih banyak pada soal penganggaran proyek e-KTP di DPR. Ia mengatakan pemeriksaan agak lama lantaran harus kembali mengingat dan membuka dokumen soal proyek e-KTP.


"Satu persatu dokumen tadi kita buka satu-satu kita konfirmasi, sehingga itu memberikan pengetahuan yang lebih detail kepada KPK," ujar Ganjar.


Kata Ganjar, tidak ada yang aneh soal penganggaran proyek e-KTP yang mencapai Rp 2 triliun.


"Nggak sih, kalau selama proses itu berjalan, biasa saja. Memang kan bertahap, memang mau membeli chip, mau membeli kartu, chip-nya kayak apa, alatnya kayak apa," ujar Ganjar.


Sementara itu, Anggota Komisi II DPR Markus Nari menuturkan hari ini diperiksa penyidik soal sejumlah rapat yang dilakukan terkait proyek e-KTP. Selain itu, Markus juga ditanya soal proses penganggaran di DPR.


"Mekanisme itu aja bagaimana? Bagaimana mekanisme rapat-rapat," pungkas Markus.


Markus mengaku tak mengetahui awal pembahasan e-KTP lantaran baru masuk di DPR tahun 2012. Politikus partai Golkar itu menambahkan, saat itu ia juga menjadi Anggota Badan Anggaran (Banggar).


Dalam beberapa pekan terakhir, KPK tengah fokus memeriksa sejumlah anggota dewan. Sebelumnya, Bekas Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap dan Agun Gunandjar juga diperiksa KPK. Juru bicara KPK Yuyuk Andriati mengatakan, sejumlah anggota dewan itu juga ditanya soal aliran uang dari proyek e-KTP.

Editor: Dimas Rizky 

  • korupsi e-ktp
  • pemeriksaan e-KTP
  • dugaan korupsi pengadaan e-ktp
  • Ganjar Pranowo

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Bang EH7 years ago

    Itu kan persepsi dia. Monggo2 aja dia berpendapat dan membantah hal tsb. Yg jelas KPK punya persepsi sendiri dan yakni ada persoalan korupsi dlm pengadaan E-KTP tsb.