BERITA

OPSI : Pak Presiden, Faktanya Pekerja Ilegal Tiongkok Itu Ada

OPSI : Pak Presiden, Faktanya Pekerja Ilegal Tiongkok Itu Ada


KBR, Jakarta - Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) menyebut pekerja ilegal asal Tiongkok benar ada di Indonesia. Pernyataan ini untuk membantah ucapan Presiden Joko Widodo yang menyatakan tidak ada pekerja ilegal asal Tiongkok.

Sekjen OPSI Timboel Siregar mengatakan, para pekerja ilegal tersebut justru menyalahgunakan visa turis untuk bekerja. Wilayahnya tersebar di daerah-daerah di mana terdapat perusahaan Tiongkok, termasuk di Jakarta. Kata dia, mayoritas dari mereka menjadi pekerja kasar dan teknis. Padahal dalam UU Ketenagakerjaan, tenaga kerja asing hanya dipekerjakan sebagai tenaga ahli dalam rangka alih teknologi.


"Jadi Pak Presiden dengan segala hormat, bahwa faktanya (TKA Tiongkok ilegal) ada, kelemahan kita adalah pengawas ketenagakerjaan kita untuk memastikan bahwa seluruh pekerja itu sudah mendapatkan visa kerja, ada izin, sesuai Pasal 42-49, ketentuan tentang tenaga kerja asing di Indonesia itu sudah diatur dengan jelas," kata Timboel Siregar kepada KBR, Sabtu (26/11/2016).


"Tapi faktanya banyak pekerja asing yang tidak patuh pada ketentuan UU nomor 13 tersebut, yang akibatnya pekerja Indonesia jadi tersisih," tukasnya.


Timboel Siregar pun mengkritik Kementerian Ketenagakerjaan yang cenderung pasif mengawasi praktik di lapangan. Padahal seharusnya, Kemenaker aktif memantau proyek-proyek infrastruktur atau investasi dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia. Ini untuk memastikan, pekerja-pekerja Tiongkok yang dibawa benar-benar bekerja secara legal.

Baca: 2700 WNA Terjaring Imigrasi, Sebagian Besar dari Cina

"Ketika ada investasi masuk BKPM, Kemenaker juga harus memfollow up apa aja sih yang menjadi investasi yang ada di Cina? pekerjanya bagaimana, proyeknya di mana. Nah ini juga kan langsung diproses, diawasi langsung ke lapangan," ujar dia.

Jumat (25/11/2016) malam kemarin, dalam acara sosialisasi Amnesti Pajak di Makasar, Presiden Joko Widodo membantah isu masuknya 10 juta tenaga kerja asing dari Tiongkok. Jokowi menegaskan 10 juta tersebut merupakan turis. Sementara jumlah tenaga kerja asal Tiongkok di Indonesia sebanyak 14 ribu. Presiden pun menyalahkan media sosial yang menyebarluaskan rumor tersebut.


"Haduh, yang Tiongkok itu turis, yang saya tanda tangan itu turis, saya cek yang tenaga kerja dari Tiongkok itu 14.000 orang. Ini jangan dipleset-plesetkan lah. Mentang-mentang media sosial kita ini tidak kita atur mengenai isu-isu semuanya dimasukkan dengan dipleset-plesetkan seperti itu," kata Jokowi dalam siaran tertulis dari Biro Pers Istana, Jumat (25/11/2016). (ika)

Baca: Ribuan Buruh Asing di PLTU Cilacap

  • Pekerja asing
  • WNA cina
  • Tiongkok
  • Pekerja Cina
  • pekerja tiongkok
  • Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI)

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Rayya7 years ago

    konstruksi pembangkit listrik di Langkat, Sumatra Utara semua tenaga kerjanya dari Cina. saat sidak, semua berhamburan. pemberitaan nasional - NIHIL... coba sidak rusun di Asia Mega Mas, tidak bisa berbahasa Indonesia, namun punya E-KTP lho. satu rusun dihuni belasan 'pendatang', khusus bekerja bid pelayan & jasa plus perdagangan.