Belum Lapor SPT, Kemenkeu Blokir Izin 676 Importir

Selain itu, ada 9.568 perusahaan yang izin impornya juga diblokir karena tak pernah digunakan selama 12 bulan.

Rabu, 25 Okt 2017 14:26 WIB

Ilustrasi: Aktivitas impor di pelabuhan. (Foto: Antara)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta- Kementerian Keuangan telah mencabut blokir terhadap izin 350 importir. Direktur Jendera Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan para importir tersebut sudah memenuhi kewajibannya dengan menyerahkan Surat Pelaporan Tahunan(SPT) pajak.

"Dibuka karena sudah menyerahkan kewajiban perpajakannya. Ini bagus kan. Dengan usaha sederhana, kita bisa mengarahkan mereka lebih patuh," ujar Heru di kantor Kementerian Keuangan, Rabu (25/10).

Sebelumnya, Kementerian Keuangan sudah memblokir izin bagi 676 importir sepanjang tahun 2017. Izin mereka dibekukan karena berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak, mereka belum melaporkan SPT pajaknya.

Hal ini diketahui dari hasil pertukaran informasi antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai serta Direktorat Jenderal Pajak. Selain itu, ada 9.568 perusahaan yang izin impornya juga diblokir karena tak pernah digunakan selama 12 bulan.

Heru mengklaim upaya penertiban impor khususnya yang berisiko tinggi sudah berhasil meningkatkan basis pajak.

"Tax base-nya khusus untuk impor berisiko tinggi naik 39 persen, dan revenue-nya 49 persen. Sisi lain, berhasil meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri yang sebelumnya mengimpor borongan. Naik 30 persen."

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Lies Marcoes Bicara Soal Perempuan dan Anak Dalam Terorisme

  • Begini Kata Wapres JK soal Ricuh di Mako Brimob
  • Perlambat Izin Usaha, Jokowi Siap Hajar Petugas

152 Napiter Mako Brimob Ditempatkan di 3 Lapas Nusakambangan

  • Abu Afif, Napi Teroris dari Mako Brimob Dirawat di Ruang Khusus RS Polri
  • Erupsi Merapi, Sebagian Pengungsi Kembali ke Rumah
  • Jelang Ramadan, LPG 3 Kg Langka di Rembang

Konflik agraria dari tahun ke tahun terus naik. Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) mencatat terjadi 600an konflik agraria sepanjang tahun lalu, meningkat 50 persen dibandingkan 2016.