BERITA

Penyelesaian Papua, KWI Usulkan Jokowi Gunakan Pendekatan Gus Dur

""Jadi betul Papua butuh transportasi, betul Papua butuh infrastruktur, betul Papua itu butuh pembangunan, tetapi jangan lupa orang Papua perlu disentuh kultur budayanya""

Penyelesaian Papua, KWI Usulkan Jokowi Gunakan Pendekatan  Gus Dur
Ilustrasi: Aksi Komite Nasional Papua Barat di Jayapura. (Foto: KBR/Katarina L.)


KBR, Jakarta-  Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) mendesak pemerintah untuk mengubah  pendekatan untuk menyelesaikan masalah di Papua. Menurut Sekretaris  KWI Benny Susetyo, penyelesaian masalah di Papua tidak bisa dilakukan melalui pendekatan pembangunan, melainkan dengan  kultural. 

Kata dia, Presiden Joko Widodo harus banyak mengadopsi bagaimana cara pemerintahan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur merangkul Papua.

"Jadi betul Papua butuh transportasi, betul Papua  butuh infrastruktur, betul Papua itu butuh pembangunan, tetapi jangan lupa orang Papua perlu disentuh kultur budayanya. Waktu pendekatan zaman Gus Dur jelas sekali pendekatan kultural, maka dari Irian diubah menjadi Papua. Gus Dur ingin mengangkat kembali bahwa orang Papua punya kebanggaan sebagai orang-orang yang memiliki kultur dan budaya. Maka pada zaman Gus Dur, bendera kultural diperbolehkan karena Gus Dur ingin memastikan bahwa Papua bagian dari NKRI," ucapnya kepada wartawan di Kantor PGI, Jakarta, Rabu (05/10).


Kata dia, untuk menyelesaikan kasus HAM di Papua, Presiden Jokowi perlu membentuk langsung tim rekonsiliasi. Tim ini,  harus  berada di bawah perintah langsung Jokowi.

Dia menganggap saat ini sebagai momentum Presiden Joko Widodo menyelesaikan permasalahan Papua. Salah satu caranya adalah  mengajak generasi muda berdialog.

Pembangunan Papua tanah damai perlu dilakukan dengan meningkatkan kesadaran. Pendekatan keamanan harus ditinjau ulang serta pendekatan sosial ekonomi dan pendidikan harus ditingkatkan.

"Kalau Pak Joko Widodo bisa menyelesaikan hal ini, dia akan dikenang, karena saya rasa Pak Jokowi punya potensi berdialog dengan hati," ujarnya.


Sebelumnya, Isu penyelesaian permasalahan hak asasi manusia Papua kembali menyeruak. Hal ini seiring dengan dibawanya isu tersebut ke sidang Perserikatan Bangsa-Bangsa yang ke-71. Beberapa negara di wilayah Pasifik meminta Indonesia mengakhiri permasalahan HAM tersebut. Negara tersebut di antaranya Kepulauan Solomon, Vanuatu, Nauru, Kepulauan Marshal, Tuvalu, dan Tonga.


Editor: Rony Sitanggang

  • konflik papua
  • Sekretaris KWI Benny Susetyo
  • pendekatan kultural

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!