BERITA

Jokowi Klaim 95 Persen Distribusi KIS Tepat Sasaran

""Karena setiap saya ke kelas 3 di rumah sakit, hampir semuanya pasti sudah memiliki kartu itu,""

Ninik Yuniati

Jokowi Klaim 95 Persen Distribusi KIS Tepat Sasaran
Ilustrasi (foto: Antara)



KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo mengklaim 95 persen distribusi Kartu Indonesia Sehat (KIS) tepat sasaran. Jokowi mengaku telah melakukan pengecekan sendiri ke lapangan.

Hal ini dinyatakan Jokowi ketika membuka rapat terbatas tentang efektifitas belanja kesehatan dan pendidikan.

"Distribusi KIS saya sudah cek sendiri di lapangan, saya pikir sudah di atas 95 persen tepat sasaran. Karena setiap saya ke kelas 3 di rumah sakit, hampir semuanya pasti sudah memiliki kartu itu," kata Jokowi di kantor Presiden, Rabu (5/10/2016).


Jokowi meminta anggaran kesehatan dibelanjakan secara efektif agar kualitas dan akses pelayanan kesehatan bisa meningkat.


"Anggaran (kesehatan) yang semakin besar mestinya kita harus fokus pada upaya membuat belanja betul-betul efektif dan bisa tepat sasaran," ujar dia.

Jokowi memerintahkan Menteri Kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan fokus di daerah terpencil, kawasan perbatasan dan daerah kepulauan.

Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengakui masih kekurangan tenaga kesehatan di daerah. Kata dia, terobosan yang dilakukan Kementerian juga diakui masih gagal mengatasi masalah tersebut.


"Beberapa sudah kami lakukan untuk mereka bisa mengisi di daerah, tapi tentu belum optimal karena ini harus betul-betul dipikirkan lagi," kata Nila. 


Editor: Rony Sitanggang

  • kartu indonesia sehat
  • Presiden Jokowi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!