BERITA

Susi Ungkap Modus Baru Pencurian Ikan

""Ada beberapa yang iming-imingi uang untuk membuat kapal baru, dengan orang lokal yang dipinjam namanya dikasih saham 5 persen," "

Rio Tuasikal

Susi Ungkap Modus Baru Pencurian Ikan
Ilustrasi: Nelayan Aceh (Foto: KBR/ Erwin J.)



KBR, Jakarta- Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memperingatkan nelayan di Pantura agar tidak menjual kapalnya kepada perusahaan asing.

Kata dia, ada indikasi perusahaan asing membeli kapal-kapal termasuk Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) kapal tersebut. Kapal-kapal itu akan digunakan perusahaan asing untuk mengambil ikan di Indonesia secara sembunyi-sembunyi.


Susi mengatakan perusahaan asing menggunakan berbagai modus untuk membujuk nelayan.


"Dan bahkan ada beberapa yang iming-imingi uang untuk membuat kapal baru, dengan orang lokal yang dipinjam namanya dikasih saham 5 persen," jelasnya dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (27/9/2016) sore.


"Jadi jangan sampai kesempatan kita dalam naiknya jumlah ikan, yang menikmatinya bukan kita lagi," tambahnya lagi.


Susi menyatakan, wilayah Pantura yang dibidik perusahaan asing antara lain Juwana Pati dan Rembang. Perusahaan itu mencari kapal-kapal besar dengan ukuran 30 GT ke atas.


Kata dia, perusahaan asing itu mengincar SIPI terbitan lama. Sebab, SIPI lama tinggal diperpanjang ketika habis masa berlakunya. Saat ini ada 8900 SIPI di Indonesia. 


Editor: Rony Sitanggang

  • pencurian ikan
  • Menteri KKP Susi Pudjiastuti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!