Ilustrasi: Pesawat milik sekolah pilot Mandiri Utama Flight Academy. (Sumber: Situs MUFA)



KBR, Banyuwangi- Pemerintah Kabupaten Banyuwangi  Jawa Timur,  bekerja sama dengan salah satu sekolah pilot memberikan beasiswa kepada para pemuda yang hafal Alquran di daerah itu untuk masuk sekolah pilot. Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan,  pemberian beasiswa ini bekerja sama dengan Mandiri Utama Flight Academy (MUFA), salah satu sekolah pilot nasional yang membuka lembaga pendidikan di Banyuwangi.

Beasiswa ini, kata Anas, dikhususkan kepada anak yatim hafiz. Karena mereka perlu diberi akses lebih, mengingat mereka sudah tidak memiliki orang tua. Apalagi pendidikan pilot ini membutuhkan biaya yang tinggi.

”Kita umumkan ke masyarakat bahwa ada program beasiswa sekolah pilot gratis sampai selesai dari anak-anak yang penghafal Alquran ditanggung sampai selesai. Nanti kita akan seleksi sehingga ini menjadi motifasi bagi anak-anak penghafal Alquran juga bisa punya jalan untuk menjadi pilot. Dan anak-anak di kampung-kampung karena kemarin saya ketemu pihak maskapai anak hafal Alquran meski IQ nya bagus, tidak mungkin kalau IQ tidak bagus bisa menghafal Alquran sampai 30 jus,” kata Abdullah Azwar Anas, Jumat  (23/9/2016).

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Pemkab Banyuwangi Suprayogi menjelaskan, selain calon siswa harus hafiz dan anak yatim, siswa lulusan SMA sederajat tersebut harus bisa berbahasa Inggris aktif dengan TOEIC (Test of English for International Communication) 600. Selain itu, calon siswa tidak buta warna dan sehat jasmani serta rohani.

Para peserta, kata dia, harus mengikuti serangkaian seleksi penerimaan. Ujian penerimaannya dibagi dalam dua tahap, mulai dari seleksi administrasi dan teknis.
 
MUFA   adalah salah satu sekolah pilot yang ada di Banyuwangi. Selain MUFA, di Banyuwangi juga ada Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B) yang merupakan sekolah pilot negeri dan Bali International Flight Academy (BIFA).

Editor: Rony Sitanggang

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!