NASIONAL

Atlet Perempuan Dominasi Perolehan Medali Sementara Indonesia di Asian Games 2018

Atlet Perempuan Dominasi Perolehan Medali Sementara Indonesia di  Asian Games 2018

KBR, Jakarta - Hingga Senin (20/8/2018) sore, lima dari tujuh medali yang diperoleh Indonesia diraih oleh atlet perempuan.

Setelah Defia Rosmaniar dan Lindswell Kwok yang menyumbang dua medali emas dari cabang olahraga taekwondo dan wushu, atlet putri Indonesia cabang olahraga sepeda gunung downhill, Prastika Tiara Andini juga sumbangkan medali emas ketiga untuk Indonesia.

Prastika berhasil mengalahkan atlet downhill Thailand, Deekaballes Vipavee di Khe Bun Hill, Subang, tadi siang. Pada nomor yang sama, Porwaningsih Nining juga berhasil membawa medali perunggu.

Dikutip dari laman resmi Asian Games 2018, keberhasilan Prastika dan Porwaningsih disusul dengan kemenangan atlet putra downhill, Mukhib Khoiful. Ia berhasil membawa medali emas keempat Indonesia setelah mengalahkan atlet Taipei, Chiang Shengshan pada partai final Men’s Downhill.

Sorenya, Agustiani Sri Wahyuni turut menyumbangkan satu medali perak pada cabang olahraga angkat besi putri 48 kg di JIExpo, Hall A.

Keberhasilan ini menguatkan kedudukan Indonesia. Di siang hari, Indonesia ada di posisi ke-5 sementara di sore hari meningkat menjadi posisi ke-3 di Asian Games 2018. Total Indonesia sudah mengumpulkan empat medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.


Tim bulutangkis regu putri melaju ke babak semi final 

Di hari yang sama, tim bulutangkis regu putri Indonesia berhasil mengalahkan tim pebulutangkis Korea Selatan dengan skor 3-1 di Gelora Bung Karno, Senin pagi. Kemenangan ini membawa Indonesia melaju ke babak semi final untuk berhadapan dengan Jepang, Selasa (21/8/2018) pukul 12 siang. 

Di cabang voli pantai putri, Desi Ratnasari dan Yokebed Purari mengalahkan atlet voli pantai Timor Leste pada babak penyisihan dengan skor 2-0.

Namun, cabang olah raga tenis nomor tunggal putri, Gamulya Beatrice gagal masuk ke babak 16 setelah dikalahkan petenis asal India Raina Ankita Ravinderkrishan dengan skor 2-0.

Tim Indonesia terdiri atas 1.388 atlet dari 40 cabang olahraga. Melalui akun instagramnya, Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia masuk 10 besar dengan perolehan medali emas minimal 16.  

Editor: Citra Dyah Prastuti 

  • Asian Games 2018
  • wushu
  • taekwondo
  • downhill
  • bulutangkis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!