Temui Jokowi, Ini yang Disampaikan Agus Yudhoyono

"Beliau memberikan semangat dan juga berharap bahwa melalui The Yudhoyono Institute ada pemikiran-pemikiran yang baik."

Kamis, 10 Agus 2017 15:17 WIB

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka melakukan salam komando dengan putra sulung bekas Presiden SBY, Agus Yudhoyono. (Foto: KBR/Ninik Y.)

KBR, Jakarta- Agus Harimurti Yudhoyono, putra sulung bekas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana. Jokowi ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka menjamu Agus di Presidential Lounge, kompleks Istana Kepresidenan.

Usai pertemuan, Agus dan Gibran menyampaikan keterangan kepada media. Menurut Agus, kedatangannya untuk meminta doa restu Jokowi berkenaan dengan peluncuran The Yudhoyono Institute malam ini di Djakarta Theater. Agus mengundang Jokowi dan keluarga untuk hadir dalam acara tersebut. Kepada Jokowi, Agus juga mengaku meminta wejangan untuk kesuksesan lembaga yang akan dipimpinnya itu.

"Dan tentunya saya direstui dalam arti beliau memberikan semangat dan juga berharap bahwa melalui The Yudhoyono Institute ada pemikiran-pemikiran yang baik. Sekaligus juga memotivasi generasi muda, termasuk menyiapkan kader-kader pemimpin di masa mendatang. Dan inilah tujuan utama dari didirikannya The Yudhoyono Institute," kata Agus di Presidential Lounge, Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (10/8/2017).



Agus, Jokowi dan Gibran juga terlibat diskusi tentang berbagai hal. Menurut Agus, Jokowi memaparkan tentang perkembangan dunia yang semakin cepat. Berbagai inovasi teknologi memaksa semua orang cepat beradaptasi dan siap berkompetisi.

"Besar harapan beliau (Jokowi) kepada anak-anak muda. Intinya adalah membangun SDM yang utuh, unggul karena kompetisi ke depan. Di abad 21 ini semakin sengit dan kita jangan berkompetisi di dalam saja. Kita siapkan diri kita untuk siap berkompetisi dengan siapapun di luar Indonesia," ujar dia.

Sebelum ke Istana, Agus menuturkan sempat berkomunikasi dengan SBY melalui sambungan telepon. Kata dia, SBY menyambut baik pertemuan Agus dengan Jokowi. SBY juga menitipkan salam untuk Jokowi dan keluarga dan mendoakan Jokowi sukses memimpin negara.

"Salam hormat untuk Pak Jokowi dan keluarga. Sekaligus mendoakan semoga bapak Presiden bisa benar-benar sukses dan selalu sehat, diberikan kesuksesan di dalam memimpin negeri dan memimpin pemerintah. Itu harapan dan doa dari Bapak SBY," ujar Agus.

Sementara, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengatakan keberadaan dirinya dalam pertemuan itu, sebenarnya tidak direncanakan. Itu sebab, kata Gibran, baju yang dikenakannya terlihat tidak resmi. Gibran memakai sejenis kaos Hoodie abu-abu bermotif garis, bercelana jins dan mengenakan sepatu sneakers. Adapun, Agus Yudhoyono mengenakan baju batik cokelat tua,  celana hitam dan sepatu pantofel.

"Hari ini saya cuma nemenin makan siang aja. Kan kalian lihat saja, pakaian saya seperti ini. Tadi spontan aja ada tamu spesial, Mas Agus, dari dulu saya pengin ketemu. Saya izin ke bapak, boleh gabung tidak? Ya boleh. Saya langsung lari ke Istana," kata Gibran

Gibran lantas berinisiatif memasak menu spesial untuk menjamu Agus, yakni bubur lemu.

"Terus saya izin ke bapak juga. Pak ini kan yang datang Mas Agus, boleh saya masakin sesuatu tidak? Saya masakin gudeg, bubur lemu, gudeg tapi makannya pakai bubur," ujar dia.

Agus langsung memuji masakan Gibran. Ia berjanji mempromosikannya kepada teman-temannya.

"Tadi disajikan bubur gudeg, saya baru sekali ini, gudeg pakai bubur. Tapi rasanya enak sekali. Mudah-mudahan sukses Mas usahanya, kita doakan. Nanti saya ajak teman-teman," kata agus sembari tertawa.

Melihat gaya bicara Agus yang terkesan kaku, Gibran sempat berseloroh, "Santai saja lho, Mas". Kemudian disambut gelak tawa dari semua yang ada di ruangan itu.

Di mata Gibran, Agus merupakan tokoh muda yang harus tampil untuk membangun Indonesia.

"Tokoh-tokoh muda seperti mas Agus ini harus tampillah. Indonesia harus diisi orang-orang, tokoh-tokoh muda," ujar Gibran.

Konferensi pers tersebut ditutup dengan foto bersama dua putra sulung dari dua Presiden RI. Agus mengajak Gibran melakukan salam komando. Gibran menyambutnya sambil berujar, "Ini nanti jadi meme," kata dia.

Ketika ditanya apakah sempat nge-vlog bersama Agus, Gibran menjawab, "Yang ngevlog kan Kaesang, saya masak," tutur Gibran.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

KPA kritik pelibatan TNI Dalam Pengukuran Lahan

  • Pemkab Nunukan Wajibkan Pemilik Ikuti Program Kehamilan
  • 10 Pelaut Amerika Hilang
  • MU Akan Rekrut Ibra Lagi

Dalam Perbincangan Ruang Publik KBR kali ini, kita akan punya 5 topik utama, penasaran? ikuti perbincangan Ruang Publik KBR