Pemerintah Bagikan 994 Kapal Ikan untuk Nelayan Tahun Ini

"Dari awal orang tersebut benar nelayan, benar punya alat tangkap seperti cantrang, dan benar akan berganti alat, dan seterusnya."

Jumat, 11 Agus 2017 16:49 WIB

Ilustrasi: Kapal bantuan KKP untuk nelayan (Sumber: KKP)

AUDIO

{{ currentTime | hhmmss }} / {{ track.duration / 1000 | hhmmss }}

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan mulai membagikan kapal ikan kepada nelayan sebanyak 994 kapal sepanjang tahun ini. Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP Sjarief Widjaja mengatakan, anggaran untuk bantuan kapal itu mencapai Rp 361 miliar.

Sjarief berkata, Dinas Kelautan dan Perikanan daerah telah memverifikasi calon penerima bantuan kapal tersebut hingga mendatangi rumah dan melihat kapalnya.  

"Ini bagi saya sesuatu yang baru, karena sebetulnya kita sudah melakukan pre-evaluasi, sebelum penerima ini menerima bantuan, kita sudah membuat kriteria, kita seleksi dan kita verifikasi ke lapangan. Artinya, dari awal orang tersebut benar nelayan, benar punya alat tangkap seperti cantrang, dan benar akan berganti alat, dan seterusnya. Kecuali kalau ada penyimpangan pascamenerima, ini yang seharusnya kita pikirkan," kata Sjarief di kantornya, Jumat (11/08/2017).

Sjarief merinci, bantuan kapal untuk nelayan tersebut meliputi 449 kapal berukuran di bawah 5 Gross Ton (GT), 384 kapal berukuran 5 GT, 134 kapal berukuran 10 GT sebanyak 134 unit, serta kapal berukuran 20 GT sebanyak 15 kapal. Ada pula kapal berukuran 30 GT sebanyak 6 kapal, serta kapal berukuran 120 GT sebanyak tiga unit (multiyears). Selain itu, juga akan dibangun tiga kapal angkut dengan pendingin (freezer) berukuran 100 GT (multiyears).

Mengenai pengadaannya, Sfarief berkata, sebanyak 568 kapal melalui sistem e-katalog, sedangkan 426 kapal melalui sistem lelang umum. Kata dia, 426 kapal ukuran kurang dari 5 GT, 3 kapal berukuran 100 GT, serta 3 kapal ukuran 120 GT saat ini dalam proses pada unit layanan pengadaan (ULP).

Sedangkan 26 kapal dengan bobot di bawah 5 GT, 384 kapal ukuran 5 GT, 134 kapal 10 GT, 15 kapal 20 GT, dan 6 kapal 30 GT telah dikontrak dan melaksanakan pekerjaan pembangunan kapal perikanan. Nantinya, kapal bantuan tersebut akan dibagikan pada nelayan di 130 Kabupaten/Kota dari 29 Provinsi, melalui 265 koperasi.

Editor: Rony Sitanggang
 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

Klaim Kantongi Dukungan Parpol di Pilgub Jatim, Khofifah Tunggu Restu Presiden

  • Arus Mudik Idul Adha, Tol Fungsional Brebes-Gringsing Tidak Dibuka
  • LN: Tersangka Teroris Barcelona Ungkap Rencana Serangan Besar
  • FI Gelar Kejuaraan E-sport

Indonesia baru merayakan dirgahayu yang ke-72. Ada banyak harapan membuncah untuk generasi penerus yang bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.