BERITA

32 Ibu Hamil di Situbondo Positif HIV

""Kita cari memang kalau wilayah lain mungkin tidak dicari, kalau Situbondo kita cari. Supaya prepentifnya itu jalan,”"

32 Ibu Hamil di Situbondo  Positif  HIV
Ilustrasi (foto: Antara)

KBR, Situbondo- Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur, menemukan 32 ibu hamil  positif mengidap  HIV. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi,  hal itu dideteksi setelah sepanjang semester pertama 2017 Dinas Kesehatan melakukan Gerakan mobile VCT atau Voluntary Counseling Test, di seluruh Puskesmas.

Kata dia, jumlah itu diyakini masih akan terus bertambah,  mengingat kasus orang dengan HIV/AIDS  seperti fenomena gunung es.  Untuk itu, Dinas Kesehatan akan  fokus melakukan pendampingan medis bagi orang dengan HIV/Aids (ODHA), terutama bagi ibu hamil agar tak menular ke bayi yang dikandungnya.

“Ibu hamil ada setelah kita pendataan. Ini kan juga disinergikan dengan begitu hamil langsung kita cek darahnya ada 32. Tinggi. Kita cari memang kalau wilayah lain mungkin tidak dicari, kalau Situbondo kita cari. Supaya prepentifnya itu jalan,” kata Abu Bakar Abdi, Rabu (9/8/2017).

Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi menambahkan, Hingga  Agustus  ini jumlah ODHA  di Kabupaten Situbondo mencapai 810 orang, sebanyak   66 orang di antaranya telah meninggal. Jumlah ini merupakan data sejak 2010 hingga 2017.


Editor: Rony Sitanggang
  • HIV/AIDS
  • ODHA
  • Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Abu Bakar Abdi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!