Jumlah Pelintas Batas di Entikong Menurun

Pemudik yang kebanyakan adalah TKI ini diprediksi memilih jalur lain untuk pulang kampung

Jumat, 23 Jun 2017 20:16 WIB

Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk di Samas. Foto: Setkab

KBR, Pontianak – Kantor Imigrasi Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat mencatat penurunan jumlah pelintas batas dari Malaysia. Sejak sepekan lalu, jumlah pelintas batas hanya berjumlah 8 ribu orang. Sedangkan pada 2016, jumlah pemudik di atas 12-15 ribu orang. 

Kepala Kantor Imigrasi Entikong, Heri Prihatin memprediksi pemudik yang kebanyakan adalah tenaga kerja (TKI) menggunakan jalur lain untuk pulang kampung. Seperti Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau dan PLBN Aruk di Kabupaten Sambas.

“Disebabkan banyak pintu keluar dari Kuching (Sarawak, Malaysia) menuju ke Kalbar, yakni dari PLBN Aruk, Badau atau melalui jalur langsung pesawat. Sebagai pelayan publik, kita memang terus melayani warga kita yang akan merayakan Hari Raya Idulfitri,” ujar Heri di Pontianak pada Jumat (23/6/2017).

Heri menambahkan, pelayanan PLBN Entikong khususnya Imigrasi tidak akan berhenti pada libur nasional nanti. Hal ini dilakukan untuk mengawasi dan mencegah masuknya sejumlah terduga teroris dari Marawi Filipina. Mereka ditengarai melarikan diri melalui jalur Malaysia menuju Indonesia. (dmr)

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

PPATK Telusuri Rekening First Travel

  • Buruh PT Nyonya Meneer Ajukan Tagihan Rp98 Miliar
  • Pesawat Pengangkut Haji Arab Saudi Belum Boleh Mendarat di Qatar

Impor barang dari luar negeri selalu diawasi dan memiliki ketentuan, jangan sampai Anda menjadi orang yang tidak tahu ketentuan yang dimiliki Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno Hatta