BERITA

H-2 Lebaran, Menhub Klaim Lalu Lintas di Cipali dan Brexit Terkendali

"Menurut Menhub banyak pemudik yang mencari jalur alternatif sehingga kemacetan tidak terlalu panjang."

Dian Kurniati

H-2 Lebaran, Menhub Klaim Lalu Lintas di Cipali dan Brexit Terkendali
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Foto: Gilang Ramadhan

KBR, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengklaim arus lalu lintas di jalur tol, seperti di tol Cikopo-Palimanan dan Brebes Timur masih terkendali. Padahal di beberapa titik, terutama di pintu masuk dan keluar tol terjadi kemacetan hingga diberlakukan buka-tutup. Menurutnya, banyak pemudik yang mencari jalur alternatif sehingga kemacetan tidak terlalu panjang.

"Di Cipali, di Brexit sendiri cukup kondusif, lancar dan sebagian penumpang atau kendaraan memilih melalui jalur darurat atau jalur fungsional tersebut. Memang kami dengar bahwasanya ada sedikit kemacetan di Cikarang Utama dan beberapa sample yang kita lakukan. Mereka cukup cerdik, keluar di Pantura, setelah itu masuk lagi," jelas Budi di kantornya pada Jumat (23/06/2017).

Budi memprediksi puncak arus mudik akan jatuh pada malam ini. Namun, menurutnya, tim dari Korlantas Polri sudah bersiaga di titik-titik rawan macet dan memberlakukan buka-tutup untuk mengatasi kepadatan lalu lintas. Cara ini cukup ampuh untuk mencairkan volume kendaraan pada arus mudik tahun ini. Menhub mencontohkan, waktu tempuh perjalanan dari Jakarta hingga Yogayakarta saat ini hanya sekitar 12 jam berkendara. (dmr)

  • mudik lebaran
  • Menhub
  • Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi
  • Brexit Brebes Exit

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!