BERITA

Pesan Jokowi ke Parpol Memasuki Tahun Politik

Pesan Jokowi ke Parpol Memasuki Tahun Politik

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo mengingatkan peran partai politik untuk turut menghentikan pelbagai penyebaran kabar bohong di tengah masyarakat. Pesan ini disampaikan Jokowi lantaran memasuki tahun politik Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019.

Menurut Jokowi, saat ini banyak Parpol justru melupakan tugas untuk memberikan pendidikan politik ke masyarakat. Padahal, kata dia Parpol mesti ambil bagian untuk menghentikan pelbagai ujaran kebencian yang bermunculan karena misalnya, berbeda pilihan politik.

"Coba lihat di media sosial, bertahun tahun kita bawa, saling mencemooh, saling menyampaikan ujaran kebencian, saling menyampaikan ujaran kedengkian. Apakah ini mau kita terus-teruskan?" kata Jokowi usai menghadiri kongres Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Jokowi yakin, penerapan pendidikan politik oleh Parpol bakal menciptakan masyarakat yang bijak dalam menyikapi setiap perbedaan pandang. Utamanya soal pilihan politik. Selanjutnya, Parpol juga wajib membangun kebiasaan mendasari kritik dengan argumentasi yang kokoh.

"Partai politik memiliki kewajiban untuk men-stop ini (ujaran kebencian), memberikan pembelajaran yang baik untuk masyarakat. Kami juga tidak anti-kritik. Pemerintah tidak anti-kritik. Tetapi kalau ingin mengkritik, berikan solusinya."

Kata Jokowi, masyarakat juga Parpol harus bisa membedakan antara kritik dengan cemooh belaka. Kata dia, pemerintah tak anti terhadap kritik, termasuk dari kelompok oposisi. Namun Jokowi merasa, belakangan ini kebanyakan yang dialamatkan ke pemerintah bukan berupa kritik melainkan hujatan atau cemooh. Menurutnya, kritik yang baik selalu dibarengi dengan solusi.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/05-2018/tak_semua_organisasi_buruh_dukung_prabowo_atau_jokowi__ini_penyebabnya/95932.html">Tak Semua Organisasi Buruh Dukung Jokowi atau Prabowo, Apa Sebab?</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/headline/05-2018/polisi_proses_laporan_dugaan_intimidasi_di_car_free_day/95944.html">Kaus #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja di Car Free Day</a>&nbsp;</b><br>
    



Editor: Nurika Manan

  • Pilpres 2019
  • Pemilu 2019
  • Pilkada 2018
  • Pilkada serentak
  • Presiden Joko Widodo
  • Joko Widodo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!