BERITA

Pilkada Serentak, Kali Pertama Perempuan Orang Rimba Berikan Hak Suara

"“Sebenarnya kalau yang dapat surat undangan itu banyak sekali di sini, sekitar 135 orang. Sayang, orangnya banyak tidak keluar, sekitar 30 orang.""

Pilkada Serentak, Kali Pertama Perempuan Orang Rimba Berikan Hak Suara
Orang rimba Induk Braden tengah menggunakan hak pilihnya. (Foto: KBR/Beteguh Benor)


Sorolangun, Jambi- Sekitar 100-an Orang Rimba di selatan Taman Nasional Bukit Duabelas ikut menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun. Pemungutan suara kali ini untuk pertama kalinya juga diikuti perempuan orang rimba.

Menurut Temenggung Grip, kepala rombong Orang Rimba di wilayah Kedundung Muda, meski mendapat undangan pencoblosan, beberapa Orang Rimba tidak bisa hadir karena lokasi yang jauh. Selain itu, hujan yang terjadi dalam 3 hari terakhir juga menyulitkan akses Orang Rimba keluar.

“Sebenarnya kalau yang dapat surat undangan itu banyak sekali di sini, sekitar 135 orang. Sayang, orangnya banyak tidak keluar, sekitar 30 orang. Karena banyak kendalanya di tempat Bepak Bejoget (nama orang rimba) sangat jauh dan juga dia hadir di tanoh perano’on (tempat di hutan untuk melahirkan) karena anaknya mau melahirkan.” Ujar Temenggung Grip, kepala rombong Orang Rimba di wilayah Kedundung Muda, Rabu (15/02).


Temenggung Grip mengatakan telah mengimbau Orang Rimba yang mendapatkan hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya. Temenggung Grip juga meminta Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun terpilih nantinya lebih memperhatikan dan peduli pada nasib Orang Rimba dan hutan yang menjadi tempat tinggal Orang Rimba.

Editor: Rony Sitanggang

  • #Pilkada2017
  • #pilkada101
  • Temenggung Grip
  • kepala rombong Orang Rimba di wilayah Kedundung Muda

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!