BERITA

4 Orang Terkaya setara 100 Juta Orang Miskin? Ini Kata Darmin

""Datanya kok gawat bener. Ketimpangan memang memburuk. Siapa bilang enggak? Walau pun setahun terakhir tidak memburuk lho.""

Dian Kurniati

4 Orang Terkaya setara 100 Juta Orang Miskin? Ini Kata Darmin
Menko Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: Setkab)


KBR, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membantah data Oxfam dan International NGO Forum on Indonesia Development (INFID) yang menyebut harta empat orang terkaya Indonesia setara dengan 100 juta orang termiskin. Darmin mengatakan, data Oxfam itu justru saling bertentangan.

Menurut dia, data Oxfam tentang ketimpangan itu harus direvisi.

"Datanya kok gawat bener. Ketimpangan memang memburuk. Siapa bilang enggak? Walau pun setahun terakhir tidak memburuk lho. Kalau dikatakan 1 persen saja, di situ saya baca, satu persen penduduk Indonesia menguasai 49 ya terserahlah 50 persen kekayaan, mungkin ada benarnya, tapi kalau dibilang 4 orang menguasai 100 juta, itu 40 persen lho itu. Bertentangan dengan angka yang dia berikan sendiri," kata Darmin di kantor Kementerian Keuangan, Jumat (24/02/17).


Darmin mengatakan, ketimpangan antara kelompok kaya dan miskin di Indonesia memang memburuk. Meski begitu, data yang dirilis Oxfam menurut Darmin terlalu berlebihan. Darmin berkata, 1 persen penduduk Indonesia memang menguasai 40 persen kekayaan di Indonesia. Namun, kata dia, tak benar jika hanya empat orang terkaya hartanya setara dengan 100 juta orang miskin.


Kemarin, Oxfam Indonesia dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) mencatat harta empat orang terkaya di Indonesia ternyata setara dengan 100 juta orang termiskin. Perbandingan itu menunjukkan tingkat kesenjangan yang sangat dalam. Selain itu, ada perbandingan lain yang menyebut 10 persen orang terkaya Indonesia mengonsumsi lebih dari 25 persen total konsumsi nasional.

Menurut Oxfam, harta empat orang terkaya di Indonesia itu mencapai USD 25 miliar atau setara Rp 326 triliun. Sedangkan total kekayaan 100 juta penduduk miskin di Indonesia sebesar USD 24 miliar atau sekitar Rp 320 triliun. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
  • kemiskinan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!