HEADLINE

Kasus Gizi Buruk di Papua, Menteri Puan Beralasan Akses Geografis Susah Dijangkau

Kasus Gizi Buruk di Papua, Menteri Puan Beralasan Akses Geografis Susah Dijangkau

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani beralasan kondisi geografis yang susah menyulitkan pemerintah dalam menangani wabah campak dan gizi buruk di wilayah Kabupaten Asmat, Papua.

Meski begitu Menteri Puan mengklaim telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam upaya penanganan tragedi kemanusiaan tersebut. 

"Koordinasi yang saya lakukan dengan Menkes, sudah berusaha mengantisipasi. Saya minta agar tidak dilakukan secara parsial, karena waktu kejadian ini pun sudah dilakukan sejak September. Kembali lagi, sinergi dengan Pemerintah Daerah. Kondisi alam di sana tidak memudahkan kita untuk memantau," kata Puan Maharani di Kantor Menko PMK, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018).

Sejumlah daerah yang mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) campak dan gizi buruk antara lain di Kampung Nakai Distrik Pulau Tiga dan Kota Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Tercatat sampai dengan 8 Januari 2018 ini tujuh balita dirawat dengan status gizi buruk di RSUD, lima di antaranya positif campak.

Sedangkan pada 9 Januari 2018 kasus serupa tercatat di Kampung Nakai, Distrik Pulau Tiga, dimana dua balita meninggal. Tim kesehatan saat ini telah melakukan pengobatan campak dan gizi buruk di daerah-daerah tersebut. 

Informasi yang dihimpun KBR menyebutkan sejak September 2017 hingga Januari 2018 terdapat 61 anak meninggal akibat wabah campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat, Papua.

Baca juga:

Menteri Puan mengatakan sejak September 2017 dia dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek sudah mengunjungi Papua menyaksikan langsung kondisi yang terjadi. Saat ini, kata Puan, petinggi militer bersama Menteri Kesehatan juga sudah kembali menuju Kabupaten Asmat.

"Secara geografis memang tidak mudah dijangkau. Menkes bersama Pangdam TNI langsung ke Asmat dan komunikasi dengan Pemda," kata Puan. 

Terkait penanganan bencana kesehatan dan gizi buruk di Asmat yang lambat, Puan mengakui, hal itu disebabkan poros informasi ada pada Pemda. Ia berharap agar pemerintah daerah bisa bekerja sama dan berkomunikasi secara lebih mendalam. 

Menteri Puan juga meminta Menkes Nila Moeloek mengevaluasi kembali penanganan kesehatan di daerah tertinggal.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan hal ini agar segera dievaluasi. Dan mulai sekarang, agar ada hal-hal yang bersifat afirmasi," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri meminta agar pemerintah daerah di Papua khususnya di Kabupaten Asmat bergerak cepat menangani masalah gizi buruk dan campak yang menewaskan banyak anak. 

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • gizi buruk
  • Kabupaten Asmat
  • kelaparan di Papua
  • gizi buruk di Papua
  • akses kesehatan di Papua

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!