BERITA

Kuota Haji Tambahan, Menag: Untuk Calon Berumur 75 Tahun

Kuota Haji Tambahan, Menag: Untuk Calon Berumur  75 Tahun


KBR, Bondowoso– Kementerian Agama  tengah membahas pendistribusian kuota jamaah haji untuk masing–masing Provinsi di Indonesia menyusul ditambahkan porsi jamaah haji asal Indonesia sebanyak 52.200 jamaah. Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin dalam kunjungannya ke Bondowoso, Jawa Timur, mengatakan sistem pendistribusian kuota jamaah haji ini mengacu pada jumlah penduduk muslim di setiap Provinsi.

“Kita sedang bahas bagaimana pendistribusian dari penambahan kuota haji yang sangat signifikan ini. Pendistribusiannya akan dilakukan secara proporsional sesuai dengan jumlah penduduk muslim,” kata Lukman Hakim Syaifuddin, Jumat (13/1/2017).


Dikatakan Menag, selain pembagian kuota untuk masing–masing provinsi, Kemenag juga fokus membenahi berbagai persiapan jelang musim haji utamanya pembuatan visa bagi jamaah calon haji.


“Tahun 2016 lalu relatif tidak ada masalah, namun tetap kami pantau sehingga tahun ini pembuatan visa bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya.


Lebih lanjut Menag menyampaikan bahwa penambahan kuota haji untuk Indonesia ini juga akan digunakan untuk calon jamaah haji yang berusia lanjut (lansia). Saat ini, yang menjadi prioritas untuk diberangkatkan adalah jamaah calon haji yang berusia 75 tahun keatas.


“Kenapa 75 tahun? Karena diatas 75 masih banyak. Itulah kenapa secara bertahap akan kita lihat. Kalau yang usia 75 sudah berangkat semua, nanti akan kita turunkan usia prioritasnya,” tutup Lukman.

Sebelumnya Dewan Perwakilan Rakyat(DPR) meminta agar peningkatan kuota haji untuk Indonesia bisa diprioritaskan untuk calon jamaah berusia 60 tahun ke atas. Ketua Komisi Agama DPR, Ali Taher mengatakan, masa tunggu calon jamaah haji di Indonesia sudah mencapai 41 tahun.

"Kalau ada kenaikan 52 ribu atau atau 40-50 ribu orang, prioritas yang berangkat ini berdasarkan kursi yang lebih awal atau usia? Makanya kita usahakan supaya usia. 60 tahun ke atas, sampai paling tinggi didahulukan," kata Ali di gedung DPR, Kamis(12/1).


Ali juga melihat peningkatan jumlah kuota ini juga harus dibarengi dengan pembenahan kualitas pelayanan. Pasalnya, dengan penambahan kuota, kloter keberangkatan haji bisa bertambah hingga 87 sampai 90 kloter.


Salah satu yang perlu dibenahi menurut Ali adalah bagian imigrasi dan pelayanan kesehatan. Dengan kuota sebelumnya saja, jumlah tenaga yang diturunkan tidak ideal. Dia meminta ada penambahan petugas imigrasi dan tenaga kesehatan.


"Saya minta visa 6 bulan sebelum berangkat sudah beres. Kemudian paspor juga harus beres. Kemudian berapa tenaga kesehatan yang mendampingi di dalam pesawat. Sekarang dokter cuma satu. Menangani hampir 300-425 orang per kloter. Ini masih kurang."


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengumumkan pemerintah Arab Saudi tahun ini memberikan kuota haji untuk Indonesia sebanyak 221 ribu. Jumlah ini meningkat sebanyak 52.200 dibanding tahun lalu.


Peningkatan itu berasal dari pengembalian kuota sebelumnya yang dipotong 20 persen karena adanya perluasan pembangunan fasilitas di Masjidil Haram, Mekkah. Selain itu, permintaan pemerintah Indonesia untuk menambah kuota juga disetujui sebanyak 10 ribu.


Editor: Rony Sitanggang

  • menteri agama lukman hakim syaifuddin
  • kuota haji

Komentar (10)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Sukarja7 years ago

    Informasi yg berguna,....mohon izin untuk melengkapinya. Saat ini, untuk ngecek porsi/jadwal Haji bisa melalui aplikasi Android di smartphone kita. Silakan undu https://play.google.com/store/apps/details?id=com.toyo.porsi Aplikasi ini juga menyediakan fitur cek visa umroh utk kepastian umroh Anda, dan juga dilengkapi artikel keislaman setiap harinya. Semoga bermanfaat.

  • ris budiati7 years ago

    assalamualaikum berita mengenai usia lansia 75 tahun keatas sngat membahagiakan kami. ibu kami sudah usia 82 tahun, sudah mendaftar dua tahun lebih, dengan no porsi 1100664445. apakah ibu saya bisa bisa berangkat tahun ini. kami sangat menunggu kabarnya.terimakash wassalamualaikum

  • ris budiati7 years ago

    assalamualaikum berita mengenai usia lansia 75 tahun keatas sngat membahagiakan kami. ibu kami sudah usia 82 tahun, sudah mendaftar dua tahun lebih, dengan no porsi 1100694445. apakah ibu saya bisa bisa berangkat tahun ini. kami sangat menunggu kabarnya.terimakash wassalamualaikum

  • kuswanto7 years ago

    Kenapa sudah 4 thn untuk yang lansia 75th ga turun lagi apa ini permainan dari depag ya mohon minta pencerahanya kalo seandenya baru daftar dia umur 76 maknanya langsung di berangkatkan dong

  • Rian 7 years ago

    Saat ini kakek saya sdh berusia 76 tahun 6 bulan. Kakek saya mendaftar haji pada bulan Maret 2011, di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Pada tahun 2017 ini kakek saya masuk dalam daftar jamaah cadangan. Pada saat pengumuman jamaah yg akan berangkat, kakek saya tidak termasuk. Berdasarkan keterangan dari pihak penyelengagara haji, kakek saya harus menunggu tahun depan (2018) untuk berangkat. Jadi disini perlu dipertanyakan lagi masalah prioritas untuk jemaah lansia, bagaimana cara menyeleksinya? Apakah priroritas itu benar2 dijalankan? Terimakasih.

  • Alen7 years ago

    Saya mempunyai kakek usia diatas 90 tahun, tapi sampai kapan ya harus menunggu, sedangkan merujuk aturan dari departemen agama, usia diatas 75 tahun sudah harus di prioritaskan berangkat... apa yang saya harus lakukan & harus begaimana dengan keadaan tersebut... mohon bantu untuk informasinya...

  • HASNAH7 years ago

    Assalamualaikum... gamana caranya minta brangkat dipercepat, Ibu saya berusia 80 dan mendaftar haji bulan Januari 2012 tapi sampai saat ini belum berangkat. bolehkah kami minta ibu kami berangkat dipercepat dan didampingi anak 1 orang? tapi bagaimana caranya, mohon petunjuknya bapak/ibu skalian....

  • Yusmimurni6 years ago

    Assalamualaikum... gamana caranya keberangkatan dipercepat, Ibu saya berusia 75 dan mendaftar haji bulan November 2011 dan sudah mengajukan permohonan di Padang untuk keberangkatan haji 2018 dan 1 orang anak kandung untuk pendamping kapan ketentuannya ? mohon infonya

  • Siti6 years ago

    Assalamualaikum, apakah sistem yang memprioritaskan usia lanjut usia ini,usia yang di prioritaskan sudah di turunkan? Beberapa Kerabat saya jadwal keberangkatannya jadi dimajukan jadi tahun 2019, tapi kenapa ya ibu dan ayah saya keberangkatan haji nya tidak dimajukan? Sebenarnya bagaimana ya sistem seleksi keberangkatan haji nya? Saya ingin tahu,mohon info nya terimakasih.

  • Dewi6 years ago

    Assalamu'alaikum...saya ingin memberangkatkan haji nenek saya yg berusia 76 tahun,,,Kira2 bisa berangkat berapa tahun lagi,dan apakah bisa D temani Dr pihak keluarga?tks Wassalamualaikum...