Ilustrasi. Jalur lintasan badai topan super Meranti yang disebut sebagai salah satu topan terkuat di dunia. (Foto: Accuweather.com)

KBR - Taiwan dan Tiongkok melakukan evakuasi besar-besaran menyusul ancaman terjangan badai Meranti, yang disebut sebagai salah satu badai terkuat di dunia.

Badai super Meranti masuk badai topan kategori lima, atau kategori tertinggi. Badai ini berasal dari Samudera Pasifik bagian barat, bergerak menuju ke barat melewati Selat Luzon dekat Taiwan, dan bergerak ke utara ke daratan Tiongkok.

Badan topan super Meranti diperkirakan bergerak dengan kecepatan angin mencapai puncaknya hingga 230 mil per jam atau 370 kilometer per jam, lebih cepat dari mobil balap Formula 1.

Situs Focus Taiwan memberitakan badai topan monster ini sudah terasa di Kanal Bashi, jalur laut yang menghubungkan Pulau Y'Ami di Filipina dan Pulau Orchid di Taiwan, di sekitar Selat Luzon.

Badan Meteorologi Taiwan menyebutkan badai topan Meranti memiliki radius sekitar 220 kilometer. Beruntung pusat badai (eye of the storm) tidak akan mengenai daratan Taiwan. Namun tepian pusaran badai bisa mengenai bagian selatan Taiwan dengan kecepatan angin mencapai 240 kilometer per jam.

Diperkirakan pusaran badai topan Meranti mencapai Taiwan pada Rabu sore dan menuju daratan Tiongkok pada Kamis besok dengan curah hujan deras dan angin yang sangat kencang. Pada pinggiran badai melewati selatan Taiwan, kekuatan berkurang menjadi kategori 4, dan saat melewati daratan Tiongkok, kekuatan badai berkurang menjadi kategori 2.

CNN memberitakan, kekuatan badai ini jauh lebih besar dibandingkan dengan topan super Haiyan yang meluluhlantakkan Filipina pada 2013, dan ini merupakan badai terbesar yang mendekati Taiwan sejak 1959.

Pemerintah Taiwan mengevakuasi 150 ribu orang. Lebih dari 260 ribu rumah tangga tidak teraliri listrik di berbagai wilayah di selatan Taiwan. Lebih dari 4000 personel polisi dan militer dikerahkan ke daerah-daerah selatan yang diperkirakan bakal terdampak kuat Badai Topan Meranti.

Sekitar 400 jadwal penerbangan domestik dan internasional juga dibatalkan. Maskapai yang membatalkan penerbangan diantaranya TransAsia Airways, Mandarin Airlines, Uni Air, Far Eastern Air Transport, Daily Air, EVA Air, Tigerair dan China Airlines.

Penerbangan yang dibatalkan terutama dari dan menuju ke Kaohsiung dan Tainan yang memang berada di bagian selatan Taiwan.

Situs Weather Underground mencatat badai topan super Meranti merupakan badai terkuat pada tahun ini dan termasuk siklon tropis terdalam yang pernah tercatat di dunia.

Beruntung pusat badai Meranti yang dahsyat tidak sampai ke daratan, meskipun hujan deras dan angin kencang berkecepatan 119 kilometer per jam kemungkinan masih bisa menerjang sebagian besar kawasan selatan Taiwan.

Meski begitu, badai ini bisa berdampak luas menyebabkan banjir bandang dan longsor.

Sebelumnya, badai Meranti sempat melewati sekitar Pulau Itbayat, Filipina, berdasarkan citra satelit yang diberitakan CNN. Pulau itu berpenduduk sekitar 3,000 orang. Belum diketahui dampak kerusakan dan korban di pulau tersebut.

Dari Filipina, badai topan super Meranti bergerak menuju utara ke arah Taiwan dan diperkirakan kemudian menuju Tiongkok. (Time/CNN/China Post) 

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!