Larangan Daging Hewan di Mumbai Picu Protes

Yang diperbolehkan hanya pemotongan ikan dan unggas.

Rabu, 09 Sep 2015 13:52 WIB

KBR - Kota bisnis Mumbai di India melarang penyembelihan dan penjualan daging selama empat hari dalam bulan ini. Larangan ini disambut para penentangnya dengan membuat tagar Twiter #banistan dan #meatban dan mendesak masyarakat untuk tetap makan daging. 

Menurut Kaleem Pathan, wakil manajer rumah potong hewan kota itu, larangan akan berlangsung mulai Kamis besok meliputi penyembelihan kerbau, kambing dan babi. Yang diperbolehkan hanya pemotongan ikan dan unggas. Sebelumnya mulai Maret ini, negara bagian itu sudah memberlakukan larangan permanen penyembelihan dan penjualan daging sapi. Pelarangan ini digagas komunitas Jain yang meski jumlahnya hanya dua persen dari populasi penduduk negara bagian Maharashtra tapi mereka berkuasa secara finansial. Komunitas ini menganut ajaran tidak boleh melakukan kekerasan terhadap semua makhluk hidup. 

India merupakan eksportir daging sapi terbesar di dunia dan konsumen daging terbesar kelima di dunia. Para penentang larangan ini menyebut selain merugikan penganut agama lain yang makan daging, larangan ini juga mengancam keberlangsungan ribuan lapangan kerja di negara itu. (Reuters)  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Hukuman Mati Maladministrasi, LBH Masyarakat Desak Jaksa Agung Dicopot

  • Kembali Tertunda, Sri Mulyani Tak Khawatir Kehilangan Momentum Redenominasi
  • Rekrutan Anyar City Gagal Debut di Liga Inggris
  • CEO Amazon Geset Bill Gates sebagai Orang Terkaya di Dunia

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.