BERITA

850 Ribu Pengungsi Mencari Suaka di Eropa Tahun Ini

" Warga Suriah meninggalkan negaranya setelah memburuknya kondisi keamanan di sana dan meningkatnya pertempuran. Mereka kini berada di negara-negara tetangga karena berkurangan program bantuan."

Vitri Angreni Gulo

850 Ribu Pengungsi Mencari Suaka di Eropa Tahun Ini
Suasana di kamp pengungsian warga Suriah. (Foto: FreedomHouse/Creative Commons)

KBR - PBB memperkirakan sedikitnya 850 ribu pengungsi akan melintasi Mediterania mencari suaka di Eropa tahun ini.

Badan urusan pengungsi PBB UNHCR menyatakan sebagian besar pengungsi berasal dari Suriah.


Warga Suriah meninggalkan negaranya setelah memburuknya kondisi keamanan di sana dan meningkatnya pertempuran. Mereka kini berada di negara-negara tetangga karena berkurangan program bantuan ke Suriah.  


Dalam laporannya, UNHCR mengantisipasi 400 ribu kedatangan pengungsi baru yang mencari perlindungan internasional di Eropa lewat Mediterania atau laut tengah pada 2015.


Juru bicara UNHCR, William Spindler, mengatakan prediksi tahun ini hampir terpenuhi dengan 366 ribu pengungsi yang sudah melakukan perjalanan.


Tapi jumlah ini bisa meningkat mengingat cuaca semakin dingin dan kondisi laut yang lebih berbahaya.


William mengimbau negara-negara yang menjadi tujuan agar membuat kebijakan pencari suaka yang lebih terpadu untuk menghadapi jumlah pencari suaka yang terus meningkat. (Reuters/AFP)


Editor: Agus Luqman 

  • Suriah
  • Pengungsi Suriah
  • pengungsi
  • Uni Eropa
  • UNHCR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!