BERITA

Mengaku Dirampok Saat Olimpiade, Perenang AS Terancam 6 Tahun Penjara

Mengaku Dirampok Saat Olimpiade, Perenang AS Terancam 6 Tahun Penjara

KBR- Perenang Amerika Serikat peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Ryan Lochte didakwa membuat pernyataan palsu mengenai kasus perampokan yang ia alami. Ryan mengaku ditodong dan dirampok saat ikut Olimpiade di Rio.

Kepolisian Brasil menyebutkan kasus itu kini sudah mulai diserahkan ke pengadilan. Ryan Lochte menghadapi ancaman penjara antara satu hingga enam tahun. Meski pun belum ada konfirmasi dari otoritas pengadilan tentang agenda persidangan.


Kepolisian Brasil merekomendasikan agar pengadilan segera mengeluarkan surat panggilan kepada perenang berumur 32 tahun itu untuk pemeriksaan di pengadilan. Jika Ryan Lochte tidak memenuhi panggilan pengadilan, maka sidang akan terus digelar tanpa kehadiran terdakwa hingga putusan.


Pekan lalu Ryan Lochte telah meminta maaf kepada publik atas pengakuan bahwa ia dan tiga orang temannya sesama perenang Amerika menjadi korban perampokan dari orang yang pura-pura menjadi polisi.


"Saya bertanggung jawab atas semua itu," kata Lochte. "Saya membesar-besarkan peristiwa. Jika saya tidak lakukan ini, tentu kami tidak akan kena masalah ini," katanya lagi


Kepala polisi Rio de Janeiro, Fernando Veloso menyebutkan Ryan Lochte tidak dirampok, melainkan ditahan karena mencoba kabur setelah melakukan aksi vandal atau perusakan fasilitas umum, yaitu toilet di SPBU.


Ryan Lochte juga mengaku dalam keadaan mabuk saat memberikan keterangan kepada polisi terkait peristiwa itu.


Pasca kejadian itu, Lochte pulang bersama rombongan kontingen atlet ke Amerika Serikat. Sedangkan tiga orang temannya, yaitu Gunnar Bentz, Jack Conger dan Jimmy Feigen masih berada di Brasil. Namun, Jimmy Feigen diizinkan pulang ke Amerika setelah mendonasikan uang hampir 11 ribu dolar AS (Rp 144 juta) untuk lembaga amal olahraga di Rio.


Polisi Brasil telah merilis video kamera pengawas CCTV yang menggambarkan lokasi kejadian di sebuah tempat pengisian bahan bakar umum. Menurut informasi, Lochte dan tiga kawannya merusak area dekat toilet di SPBU dan buang air kecil di dinding toilet.


Aksi mereka ketahuan petugas keamanan, namun empat atlet renang Amerika ini mencoba kabur. Petugas keamanan mencabut pistol dan memaksa mereka untuk duduk di lantai. Setelah membayar 50 dolar Amerika (Rp 650 ribu) sebagai kompensasi atas kerusakan fasilitas umum, mereka dilepas dan kembali ke permukiman atlet.


"Tidak ada perampokan, sebagaimana yang dilaporkan para atlet itu," kata Kepala Kepolisian Rio, Fernando Veloso. (AFP/Guardian/USA Today/NBC News)

Editor: Dimas Rizky

  • Olimpiade Rio 2016
  • perenang AS

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!