BERITA

Empat Ledakan di Bangkok, Dua Tewas Puluhan Luka

"Terjadi jelang peringatan setahun ledakan bom di sebuah kuil Hindu di Bangkok."

Agus Lukman

Ledakan di Bangkok, salah satunya terjadi di resort Hua Hin (Foto: BBC)
Ledakan di Bangkok, salah satunya terjadi di resort Hua Hin (Foto: BBC)

KBR - Sedikitnya dua orang tewas dan puluhan orang luka akibat ledakan yang terjadi di sejumlah lokasi di Thailand, pada Kamis malam atau Jumat dinihari.

AFP memberitakan sedikitnya ada empat kali ledakan di kawasan wisata Trang, Phuket Hua Hin dan Surat Thani.

Ledakan itu terjadi beberapa hari menjelang peringatan setahun ledakan bom di sebuah kuil Hindu di Bangkok yang menewaskan 20 orang pada 17 Agustus tahun lalu.

Di Surat Thani, bom meledak pada Jumat pagi menewaskan seorang perempuan. Surat Thani merupakan pintu masuk menuju kawasan wisata Thailand bagian selatan. 

Ledakan di Surat Thani terjadi beberapa jam setelah sebelumnya juga terjadi dua kali ledakan bom di kota wisata Hua Hin, yang menewaskan seorang perempuan dan 20-an oran gluka.

Gubernur Provinsi Surat Thani, Wongsiri Promchana mengatakan bom itu disembunyikan di taman bunga, meledak persis di depan sejumlah pejabat kepolisian. Lokasinya berada sekitar 600 meter di sebelah selatan Bangkok.

"Saya menduga ini ada hubungannya dengan ledakan di Hua Hin," kata Wongsiri seperti dikutip AFP.

Hua Hin merupakan kota wisata pantai terkenal di Provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand, yang terletak di bagian utara Semenanjung Malaysia. 

ABC melaporkan bom pertama yang meledak di Hua Hin itu disembunyikan di sebuah pot tanaman. Bom meledak di jalan di luar sebuah bar. Sekitar 20 menit kemudian terjadi ledakan kedua di lokasi berjarak sekitar 50 meter dari ledakan pertama. 

Kepolisian menyebutkan ledakan kedua di Hua Hin ini menewaskan seorang perempuan penjual salad pepaya yang menjajakan dagangannya di atas gerobak dorong. Sekitar 11 orang luka, berkewarganegaraan Belanda, Jerman, Austria dan Italia, serta seorang yang tidak diketahui identitasnya. 

Sebelumnya juga terjadi ledakan di Provinsi Trang dan Pulau Phuket, hingga melukai sejumlah orang. (Reuters/AFP/ABC) 

  • bangkok
  • ledakan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!