Ini Dia Band Asing Pertama yang Konser di Korea Utara

Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia.

Kamis, 20 Agus 2015 11:32 WIB

Laibach,  band asing pertama yang konser di Korea Utara. Band ini berasal dari Slovenia.

Laibach, band asing pertama yang konser di Korea Utara. Band ini berasal dari Slovenia.

KBR - Sebuah band rock asal Slovenia, Laibach, menjadi band asing pertama yang menggelar konser di Pyongyang, Korea Utara. Dalam konser 45 menit itu mereka menyanyikan lagu-lagu dari film “The Sound of Music” yang populer di Korea Selatan. Mereka juga membawakan lagu Arirang yang adalah lagu tradisional Korea.

Konser digelar hari Rabu (19/8/2015) waktu setempat di gedung teater Ponghwa yang dipenuhi oleh 1500 penonton. Sebagian besar penonton adalah warga Korea Utara. 

“Penonton tampak menyukai pertunjukan ini. Tidak ada wajah kecewa atau bingung,” kata Simon Cockerell, manajer pertunjukan yang mengatur perjalanan wisata untuk menonton konser ini. 

“Semua orang duduk di bangkunya masing-masing sepanjang konser. Tidak banyak yang bertepuk tangan atau ikut bernyanyi, tapi memang seperti ini norma yang berlaku di tempat konser di sini,” tambahnya.

Band Laibach kerap memasukkan gagasan politik dan nasionalis dalam lagu dan pertunjukan mereka. Ada yang menuding anggota band ini fasis, sementara ada juga yang menganggap karya mereka adalah kritik terhadap ideologi totalitarianisme.

Konser ini dilangsungkan di Pyongyang sebagai bagian dari upacara peringatan 70 tahun bebasnya Semenanjung Korea dari penjajahan Jepang. Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia.  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU

  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI
  • Bagi-Bagi Kopi di Filosofi Kopi 2
  • (Wawancara) Batal Temui Luhut, Senator Australia Kecewa
  • PDIP: Jika Tak Kompak Dukung Pemerintah, Silakan PAN Keluar Dari Koalisi
  • Indonesia Turki Sepakati Perangi Terorisme Lintas Negara

Jokowi Tanggapi Komentar Prabowo Soal Ambang Batas 20 Persen

  • Dampak Kenaikan Gaji Tak Kena Pajak Mulai Dorong Konsumsi Masyarakat
  • Pemerintah Dinaikkan Harga Pokok Beras
  • Pemkab Bondowoso Bayar Wartawan Minimal Rp200 Ribu per Berita

Fasilitas KITE IKM diharapkan menjadi jawaban untuk mendorong industri kecil dan menengah untuk terus bergeliat meningkatkan ekspor di tanah air.