Ini Dia Band Asing Pertama yang Konser di Korea Utara

Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia.

Kamis, 20 Agus 2015 11:32 WIB

Laibach,  band asing pertama yang konser di Korea Utara. Band ini berasal dari Slovenia.

Laibach, band asing pertama yang konser di Korea Utara. Band ini berasal dari Slovenia.

KBR - Sebuah band rock asal Slovenia, Laibach, menjadi band asing pertama yang menggelar konser di Pyongyang, Korea Utara. Dalam konser 45 menit itu mereka menyanyikan lagu-lagu dari film “The Sound of Music” yang populer di Korea Selatan. Mereka juga membawakan lagu Arirang yang adalah lagu tradisional Korea.

Konser digelar hari Rabu (19/8/2015) waktu setempat di gedung teater Ponghwa yang dipenuhi oleh 1500 penonton. Sebagian besar penonton adalah warga Korea Utara. 

“Penonton tampak menyukai pertunjukan ini. Tidak ada wajah kecewa atau bingung,” kata Simon Cockerell, manajer pertunjukan yang mengatur perjalanan wisata untuk menonton konser ini. 

“Semua orang duduk di bangkunya masing-masing sepanjang konser. Tidak banyak yang bertepuk tangan atau ikut bernyanyi, tapi memang seperti ini norma yang berlaku di tempat konser di sini,” tambahnya.

Band Laibach kerap memasukkan gagasan politik dan nasionalis dalam lagu dan pertunjukan mereka. Ada yang menuding anggota band ini fasis, sementara ada juga yang menganggap karya mereka adalah kritik terhadap ideologi totalitarianisme.

Konser ini dilangsungkan di Pyongyang sebagai bagian dari upacara peringatan 70 tahun bebasnya Semenanjung Korea dari penjajahan Jepang. Korea Utara adalah salah satu negara paling tertutup di dunia.  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau