Hillary Clinton saat berpidato di konvensi nasional Partai Demokrat di Philadephia, Amerika Serikat

Hillary Clinton saat berpidato di konvensi nasional Partai Demokrat di Philadephia, Amerika Serikat (Foto: The Guardian)

KBR - Hillary Clinton secara resmi menerima pencalonan dari Partai Demokrat sebagai kandidat Presiden Amerika Serikat. Clinton menorehkan sejarah sebagai perempuan pertama yang mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat sebagai presiden.

“Dengan rendah hati, kekuatan tekad dan rasa percaya diri, saya menerima nominasi sebagai Presiden Amerika Serikat,” kata Hillary yang langsung disambut sorak sorai pendukungnya pada konvensi nasional Partai Demokrat di Philadephia.

“Jika Anda percaya kalau perusahaan harus membagi labanya kepada para pekerja, bukan memberikan bonus besar bagi para eksekutif, bergabunglah bersama kami. Jika Anda percaya kalau setiap laki-laki, perempuan dan anak-anak di Amerika punya hak untuk layanan kesehatan yang terjangkau, bergabunglah bersama kami,” kata Hillary dalam pidatonya yang masih berlangsung sekarang, Kamis (28/7/2016) waktu setempat. 

“Mari kita pastikan ekonomi bekerja untuk semuanya, tidak hanya untuk mereka yang ada di atas.”

Bagian lain dari pidato Hillary yang mendapat banyak sambutan adalah ketika ia menyebut kalau ia percaya pada sains. “Saya percaya kalau perubahan iklim itu sungguh terjadi. Dan kita bisa menyelamatkan planet kita sembari menciptakan jutaan pekerjaan yang bersih secara energi dengan bayaran yang baik juga.”

Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump sebelumnya menyebut kalau pemanasan global hanya sebuah ‘tipuan’.

Setelah resmi menerima pencalonan ini, maka Hillary Clinton akan menyiapkan persaingan dalam pemilu presiden melawan Trump pada November mendatang.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Barack Obama meminta para pemilih untuk memberikan suara kepada Hillary Clinton. Obama memuji Clinton dan menyebutnya sebagai ‘sosok yang layak’ untuk menuju Gedung Putih.

Hillary Clinton menjadi perempuan pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang dinominasikan sebagai presiden. Di konvensi nasional Partai Demokrat ini, delegasi Clinton memperoleh tiket nominasi melampaui persyaratan sebanyak 2.382 orang. Rival Clinton di dalam Partai Demokrat, yaitu Bernie Sanders, juga meminta para pendukungnya untuk memilih Hillary Clinton.  

Bagikan berita ini :

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!