Bom Baghadad, Irak Umumkan 3 Hari Waktu Berkabung

Sebuah van yang dipenuhi bahan peledak yang ditinggalkan dekat Al-Hadi Center yang populer di tengah warga.

Senin, 04 Jul 2016 08:40 WIB

Bom meledak di Baghdad, di kawasan yang ramai didatangi keluarga (Foto: BBC)

Bom meledak di Baghdad, di kawasan yang ramai didatangi keluarga (Foto: BBC)

KBR - Pemerintah Irak mendeklarasikan waktu berkabung selama 3 hari setelah ledakan besar di ibukota Baghdad yang menewaskan sedikitnya 125 orang. Sebanyak 150 lainnya luka-luka. Serangan ini terjadi pada Sabtu sekitar tengah malam. Ini menjadi ledakan terbesar di Irak tahun ini.

Ledakan itu terjadi di Distrik Karrada, di sebuah tempat perbelanjaan. Saat itu ada banyak keluarga yang tengah berbelanja jelang Lebaran. Laporan yang beredar sejauh ini menyebutkan ada sebuah van yang dipenuhi bahan peledak yang ditinggalkan dekat Al-Hadi Center yang populer di tengah warga.

Perdana Menteri Haider al-Abadi mengunjungi area yang mayoritas dihuni Syiah ini. Namun konvoinya dihadang oleh warga yang marah akibat kejadian ini.

Minggu malam, sejumlah tim pekerja masih membersihkan sisa-sisa ledakan yang ada di lokasi. Sebagian besar korban yang tercatat adalah keluarga - seperti ayah dengan anak-anak mereka atau ibu dengan anak-anak  mereka. 

ISIS mengaku berada di balik serangan tersebut. Dalam sebuah pernyataan online-nya, mereka mengatakan serangan Karrada ini dilakukan di Irak sebagai bagian dari ‘operasi keamanan’.  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres

  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh

Jokowi Segera Jadikan UKP PIP Setingkat Menteri

  • 2018, Pemerintah Fokus Tuntaskan Masalah Konektivitas di Papua
  • RSPI Sulianti Saroso Buka Rujukan ke RS Fatmawati dan RS Persahabatan
  • 7 Hari, Polisi Tangani 50 Kasus Penimbunan Pangan Jelang Natal

Dan tentu saja di akhir tahun dan menjelang akhir tahun, selalu ada yang baru dan berbeda yang akan dipersembahkan Alfamart pada para pelanggannya.