BERITA

Bom Baghadad, Irak Umumkan 3 Hari Waktu Berkabung

"Sebuah van yang dipenuhi bahan peledak yang ditinggalkan dekat Al-Hadi Center yang populer di tengah warga."

Bom meledak di Baghdad, di kawasan yang ramai didatangi keluarga (Foto: BBC)
Bom meledak di Baghdad, di kawasan yang ramai didatangi keluarga (Foto: BBC)

KBR - Pemerintah Irak mendeklarasikan waktu berkabung selama 3 hari setelah ledakan besar di ibukota Baghdad yang menewaskan sedikitnya 125 orang. Sebanyak 150 lainnya luka-luka. Serangan ini terjadi pada Sabtu sekitar tengah malam. Ini menjadi ledakan terbesar di Irak tahun ini.

Ledakan itu terjadi di Distrik Karrada, di sebuah tempat perbelanjaan. Saat itu ada banyak keluarga yang tengah berbelanja jelang Lebaran. Laporan yang beredar sejauh ini menyebutkan ada sebuah van yang dipenuhi bahan peledak yang ditinggalkan dekat Al-Hadi Center yang populer di tengah warga.

Perdana Menteri Haider al-Abadi mengunjungi area yang mayoritas dihuni Syiah ini. Namun konvoinya dihadang oleh warga yang marah akibat kejadian ini.

Minggu malam, sejumlah tim pekerja masih membersihkan sisa-sisa ledakan yang ada di lokasi. Sebagian besar korban yang tercatat adalah keluarga - seperti ayah dengan anak-anak mereka atau ibu dengan anak-anak  mereka. 

ISIS mengaku berada di balik serangan tersebut. Dalam sebuah pernyataan online-nya, mereka mengatakan serangan Karrada ini dilakukan di Irak sebagai bagian dari ‘operasi keamanan’.  

  • Irak
  • Baghdad
  • lebaran

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!