Minuman Sangat Panas Berpotensi Sebabkan Kanker

Ini terkait suhu, bukan jenis minumannya.

Kamis, 16 Jun 2016 09:38 WIB

Ilustrasi (Foto: Pexel)

Ilustrasi (Foto: Pexel)

KBR – Badan Kesehatan Dunia menyatakan minuman yang sangat panas kini dikategorikan berpotensi menyebabkan kanker kerongkongan pada manusia. Tepatnya, minuman yang bersuhu lebih dari 65 derajat Celcius. Hasil penelitian ini diungkapkan oleh Agensi Internasional untuk Riset Kanker (IARC), yang berada di bawah WHO.

Kanker kerongkongan adalah penyebab kanker ke-8 yang paling sering ditemukan di seluruh dunia. Tahun 2012, tercatat ada 400 ribu kematian akibat kanker ini.

“Hasil penelitian menunjukkan kalau minum minuman yang bersuhu tinggi adalah salah satu kemungkinan penyebab kanker kerongkongan. Yang utama adalah suhunya, bukan jenis minumannya,” kata Direktur IARC, Christopher Wild.

Sebelumnya, kopi diklasifikasi sebagai kemungkinan penyebab kanker pada 1991. Namun penemuan terbaru menunjukkan kalau pecinta kopi tak perlu lagi khawatir.

IARC mengaku sudah melakukan eksperimen soal ini kepada tikus. Dari situ ditemukan kalau cairan yang sangat panas, termasuk air, bisa mendorong pertumbuhan tumor.

Juru bicara WHO di Jenewa, Gregory Hartl menekankan bahwa merokok dan minum minuman beralkohol adalah faktor serius penyebab kanker kerongkongan. Ini, kata dia, yang lebih penting dikurangi sebagai langkah prioritas.

Tahun lalu, IARC menyebut kalau daging yang diproses bisa menyebabkan kanker setelah mengkaji lebih dari 1000 kajian ilmiah terkait manusia dan hewan. (Reuters, The Guardian, CNN)  

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau