BERITA

Kapal Militer AS Diterjunkan ke Perairan Malaysia, Cari Rohingya

"Ada kemungkinan warga Rohingya terdampar di lautan lepas. Selain itu, Amerika berkomitmen mengatasi permasalahan krisis kemanusiaan yang terjadi di negara Myanmar tersebut. "

Kapal Militer AS Diterjunkan ke Perairan Malaysia, Cari Rohingya
Asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anne C Richard, sedang berdialog dengan perempuan rohingnya di barak pengungsi didermaga tempat Pendaratan Ikan (TPI) Lapang, Kabupaten Aceh Utara

KBR, Lhokseumawe Asisten Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat, Anne C Richard menyatakan, kapal perang milik militer AS diterjunkan untuk mencari manusia perahu di perairan Malaysia dan Thailand.

"Untuk mencari orang-orang yang masih hanyut pengungsi ini di lautan dan kami mengapresiasi Malaysia yang memperbolehkan kami menerbangkan pesawat pemantau kami di perairan mereka," kata Anne Richard didampingi Duta Besar Amerika, Rober Blake di barak pengungsi TPI Lapang, Kabupaten Aceh Utara, Senin (8/6/2015).  

Pasalnya, ada kemungkinan warga Rohingya terdampar di lautan lepas. Kata dia, Amerika berkomitmen mengatasi permasalahan krisis kemanusiaan yang terjadi di negara Myanmar tersebut.

”Pada 29 Mei lalu, kami juga berdiskusi dengan Menlu Thailand agar kami diperbolehkan menerbangkan pesawat pemantau kami untuk upaya penyelamatan ini,” tambahnya.

Sebelumnya seribuan pengungsi Rohingya ditemukan terdampar di perairan Selat Malaka, Kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur. Selain dari negara Myanmar banyak juga di antaranya yang berasal dari Bangladesh.




Editor: Damar Fery Ardiyan

  • Rohingnya
  • pengungsi
  • manusia perahu
  • Militer Amerika

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!