Amerika Serukan Tiongkok Hentikan Reklamasi Laut China Selatan

Dia meminta Tiongkok menghentikan reklamasi lahan dan militerisasi di wilayah sengketa tersebut.

Jumat, 12 Jun 2015 11:39 WIB

Bendera Amerika. Foto: Antara

KBR - Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ash Carter menemui seorang Jenderal Tiongkok, Fan Changlong dan kembali menyampaikan seruan negaranya yang meminta Negeri Tirai Bambu itu menghentikan reklamasi lahan di Laut Cina Selatan.

Pada pertemuan itu, Ash Carter sekaligus menekankan soal komitmen Pentagon memperluas kontrak militer dengan Tiongkok. Dalam pembicaraan dengan wakil Kepala Komisi Militer Pusat Tiongkok itu, Ash Carter meminta komitmen Tiongkok dalam pengembangan kerjasama militer yang berkelanjutan dan substantif.

Dia menekankan, kedatangannya itu untuk memperdalam kerjasama di berbagai bidang, termasuk kemanusiaan, penanggulangan bencana dan perdamaian. Carter mengungkapkan kekhawatiran Amerika akan ketegangan sengketa di Laut Cina Selatan.

Itu sebab, dia meminta Tiongkok menghentikan reklamasi lahan dan militerisasi di wilayah sengketa tersebut. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai resolusi perdamaian sesuai dengan hukum internasional. (CNA)

Editor: Sindu Dharmawan 

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Impor Garam 3,7 Juta Ton, Susi: Bukan Rekomendasi KKP

  • Kapolri: 2018 Indonesia Banyak Agenda, Mesin Makin Panas
  • Jokowi: Masa Sudah 3-4 Tahun Masih Bawa-bawa Urusan Pilpres
  • SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh
  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil

Kuasa Hukum Kecewa Vonis Hakim dalam Kasus Spanduk Palu Arit

  • Dianggap Pendatang dan Tak Punya KTP, 700 Warga Lombok Barat Tak Punya Hak Pilih
  • Jutaan Umat Hindu Akan Hadiri Festival Sungai Gangga
  • Petenis Chung Hyeon Ternyata Punya Gangguan Mata

Presiden Joko Widodo menyerukan agar PR anak-anak sekolah tak hanya urusan menggarap soal. Tapi melakukan hal-hal yang terkait kegiatan sosial dan lingkungan.