Rodrigo Duterte Unggul pada Pemilu FIlipina

Kata-kata Duterte yang dianggap kontroversial ini justru yang membuat dirinya memiliki banyak pendukung.

Senin, 09 Mei 2016 11:32 WIB

Rodrigo Duterte. Foto: KBR/AsiaCalling (Madonna Virola)

ARTIKEL TERKAIT

KBR, Rodrigo Duterte unggul pada Pemilu Presiden Filipina. Pada Jajak Duterte yang merupakan salah satu Walikota yang menjabat paling lama di Davao City, Filipina ini unggul sebesar 11 persen dari saingan terberatnya. 


Duterte memiliki banyak pendukung, karena dianggap sebagai orang yang mampu menekan tingkat kriminalitas di Davao City. Para pemilih Duterte menganggap jika hal ini bisa ditekan oleh Duterte di sebuah kota, bukan tidak mungkin penekanan kriminalitas di seluruh Filipina bisa dilakukan.


“Jika aku menjadi seorang Presiden, aku akan melakukan apa yang telak kulakukan sebagai walikota. Kalian semua para pecandu narkoba, kalian bre**sek, aku akan membunuh kalian, kesabaranku sudah habis, aku tidak akan memberikan jalan tengah, ini masalah kalian yang membunuhku atau aku yang membunuh kalian.” kata Duterte di depan of 200,000 supporter di Manila’s Rizal Park, Sabtu (7/5/2016)


Kata-kata Duterte yang dianggap kontroversial ini justru yang membuat dirinya memiliki banyak pendukung. Sebagian kalangan mungkin menganggap Duterte pahlawan, namun tidak sedikit yang menganggapnya sebagai pembunuh. 


Hari ini, Senin (9/5), lebih dari 54 juta penduduk Filipina memberikan suara untuk pemilihan presiden dan juga kepala daerah. Berhubungan dengan situasi yang memanas sejak kemarin, polisi pun memperketat keamanan dengan menurunkan 100 ribu personelnya.

BBC melaporkan lima kandidat akan bertarung berebut suara untuk menuju kursi kepresidenan, yaitu Rodrigo Duterte, Mar Roxas, Jejomar Binay, Grace Poe dan Miriam Defensor-Santiago. Selain itu, lebih dari 45.000 kandidat lainnya memperebutkan 18.000 kursi pejabat tinggi, termasuk kursi kongres.

Presiden Filipina saat ini, Benigno Aquino, berharap Rodrigo Duterte tidak memenangkan pemilihan. Ia menghimbau masyarakat Filipina dapat lebih pintar dalam menentukan pilihan. (TIME/BBC) 


Editor: Malika

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SBY Bertemu Mega di Istana, JK: Bicara Persatuan

  • 222 Triliun Anggaran Mengendap, Jokowi Siapkan Sanksi Bagi Daerah
  • Wiranto Ajak 5 Negara Keroyok ISIS di Marawi
  • Jokowi: Dulu Ikut Presidential Threshold 20 Persen, Sekarang Kok Beda...
  • Ari Dono Sukmanto soal Penanganan Beras Oplosan PT IBU
  • Dirjen AHU Freddy Harris soal Pencabutan Badan Hukum Ormas HTI

PPATK Telusuri Rekening First Travel

  • Buruh PT Nyonya Meneer Ajukan Tagihan Rp98 Miliar
  • Pesawat Pengangkut Haji Arab Saudi Belum Boleh Mendarat di Qatar

Impor barang dari luar negeri selalu diawasi dan memiliki ketentuan, jangan sampai Anda menjadi orang yang tidak tahu ketentuan yang dimiliki Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe C Soekarno Hatta