Pencarian MH370, Kemungkinan Ditutup Agustus

Pencarian sudah lebih dair 100 ribu kilometer persegi di Samudera Hindia

Jumat, 20 Mei 2016 18:13 WIB

Salah satu puing yang diduga bagian dari MH370. Puing itu ditemui di Mozambik. (Foto: Antara)

KBR- Pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370 diperkirakan akan dihentikan pada Agustus mendatang. Pesawat itu hilang sejak 8 Maret 2014, dan pencarian sudah memakan waktu lebih dari dua tahun.

Biro Keselamatan Transportasi Australia menyebutkan pencarian di Samudera Hindia sudah dilakukan ke lebih dari 100 ribu kilometer persegi, namun belum ada tanda-tanda keberadaan bangkai pesawat tersebut. Karena itu pencarian kemungkinan dihentikan di akhir Juli, atau awal Agustus, bergantung kondisi cuaca di lautan.

Dengan begitu harapan mencari pesawat jenis Boeing 777 yang mengangkut 239 orang itu semakin kecil. Pencarian juga tidak menunjukkan tanda-tanda penyebab hilangnya pesawat MH370 yang terbang dari Kuala Lumpur Malaysia ke Beijing Cina.

Sejauh ini hanya ada temuan lima serpihan yang diduga berasal dari pesawat tersebut. Namun serpihan itu ditemukan ribuan kilometer dari daerah pencarian, yaitu di Afrika Selatan, Mauritius hingga Mozambique. Serpihan itu diduga terbawa ombak.

Tanpa adanya badan pesawat atau kotak hitam pesawat, tidak mungkin menyelidiki sebab-sebab kecelakaan pesawat tersebut. Sehingga peristiwa kecelakaan Malaysia Airlines MH370 akan tetap misteri. (AFP/Daily Mail) 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

Beri Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

SPDP Pemimpin KPK, Jokowi Minta Tak Gaduh

  • Wiranto: Jual Saja Lapas Cipinang untuk Bangun Lapas di Pulau Terpencil
  • Gubernur Yogyakarta Pastikan Tindak Tegas Pelaku Aksi Intoleransi
  • Sebagai Panglima Tertinggi, Jokowi Perintahkan Bawahannya Tak Bikin Gaduh
  • Kalau Tak Setuju Ide Tes Keperawanan, Jangan Menyerang!
  • Jokowi: Kita Lebih Ingat Saracen, Ketimbang Momentum

KPK Minta Opini Alternatif, IDI Siapkan Pemeriksaan terhadap Novanto

  • Ratusan Warga Non-Papua Keluar dari Lokasi Konflik Tembagapura
  • Jokowi Minta DPD Dukung Pembangunan Daerah
  • Satgas Temukan Kayu-kayu Hasil Pembalakan Liar Hutan Lindung di Nunukan

“Jadi orang malah jadi keluar masuk untuk merokok, berapa waktu yang terbuang,” kata Tari Menayang dari Komnas Pengendalian Tembakau